Poin-poin KPK untuk 3 Pasangan Gubernur-Wagub Demi Pencegahan Korupsi di Daerah

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang menemani mereka mengatakan, enam kepala daerah banyak mendapat masukan dari KPK

Poin-poin KPK untuk 3 Pasangan Gubernur-Wagub Demi Pencegahan Korupsi di Daerah
Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Enam kepala daerah terpilih baru saja menemui pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Enam kepala daerah terpilih baru saja menemui pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2019).

Enam kepala daerah tersebut antara lain pasangan Gubernur-Wagub Lampung Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim, Gubernur-Wagub Maluku Murad Ismail-Barnabas Orno, dan Gubernur-Wagub Maluku Utara Abdul Gani Kasuba-Al Yasin Ali.

Baca: Lama Tak Berjumpa, Jokowi dan JK Nge-Vlog Bareng

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang menemani mereka mengatakan, enam kepala daerah banyak mendapat masukan dari KPK.

Terutama soal bagaimana gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah bersama-sama sepakat sebagai agen pencegahan dan pemberantasan korupsi.

"Tadi juga disampaikan beberapa poin-poin area-area rawan korupsi, sudah. Kemudian laporan-laporan masyarakat juga di daerah gubernur sepakat untuk menjaga karena kan memiliki janji politik pada masyarakat pada saat kampanye," ucap Tjahjo di Gedung Merah Putih KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2019).

"Paling tidak ingin membangun pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Kedua paling tidak menyangkakan saya anti korupsi di daerah," lanjutnya.

Sepakat dengan Tjahjo, Gubernur Lampung periode 2019-2024 Arinal Djunaidi juga menginginkan hal serupa.

Dia bersama Wagub Chusnunia Chalim berharap dapat menjadi teladan di Lampung dalam hal pemberantasan korupsi.

"Kami baru dilantik hari ini jadi belum banyak yang harus kita lakukan. Tapi paling tidak saya dengan wakil gubernur ingin menunjukkan keteladanan agar dikemudian hari Lampung itu kemungkinan kecil kejadian yang menimbulkan penyimpangan. Karena kalau pemimpinnya teladan biasanya menurun sampai ke bawah. Saya kira itu," tutur Arinal.

Halaman
12
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved