Gubernur Bali: PKB Wujud Nyata Membumikan Pancasila di Bali

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan pagelaran PKB merupakan wujud nyata untuk membumikan Pancasila di Bali.

Gubernur Bali: PKB Wujud Nyata Membumikan Pancasila di Bali
Theresia Felisiani/Tribunnews.com
Gubernur Bali Wayan Koster memberikan laporan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 di hadapan Presiden Jokowi, Sabtu (15/6/2019) di depan panggung utama, Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali. 

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Bali sukses menggelar pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala Renon, Denpasar, Sabtu (15/6/2019) siang.

Pelepasan pawai dibuka langsung oleh Presiden Jokowi dengan memukul kul-kul atau kentongan.

Dalam sambutannya, Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan pagelaran PKB merupakan wujud nyata untuk membumikan Pancasila di Bali.

" PKB wujud nyata membumikan Pancasila di tanah Bali. Beberapa waktu lalu, suasana politik kian memanas, sekarang ada seni untuk menyatukan kita kembali," ucap Wayan Koster.

Dia menambahkan PKB juga diharapkan bisa mengembangkan spirit perdamaian dan memperkokok persatuan serta kesatuan bangsa.

Baca: Posisi Maruf Amin di Anak BUMN Dinilai Tak Bisa Diskualifikasi Jokowi

Selanjutnya acara diisi dengan pawai budaya yang melibatkan 4.370 seniman yang berasal dari Bali, luar daerah hingga luar negeri.

Tampak Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana sangat antusias menyaksikan pawai tersebut. Sangking senangnya, Jokowi mengajak Iriana untuk swafoto. Jokowi juga membuat vlog di handphone pribadinya.

Tamu undangan yang lain, baik para menteri kabinet kerja hingga ratusan tamu dari luar negeri selalu memegang handphone mereka untuk mendokumentasikan pawai kesenian terbesar di Bali.

Selama sebulan penuh pelaksanaan PKB, setiap harinya akan ada tujuh pergelaran. Ada juga 405 perajin yang mengikuti pameran kerajinan bersanding dengan pameran dokumentasi Bung Karno.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved