Setya Novanto Jalani Pidana

Ditjen PAS Belum Bisa Putuskan Sampai Kapan Setnov Ditahan di Gunung Sindur

Ade menjelaskan, pihak yang masih diperiksa antara lain Setya Novanto dan pengawal berinisial S.

Ditjen PAS Belum Bisa Putuskan Sampai Kapan Setnov Ditahan di Gunung Sindur
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto meninggalkan gedung KPK usai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Setya Novanto diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap terkait kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1 dengan tersangka Sofyan Basir. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Ade Kusmanto mengatakan belum bisa memutuskan apakah terpidana korupsi Setya Novanto akan menjalani sisa masa tahanannya di rutan Gunung Sindur atau tidak.

Menurutnya, hal itu disebabkan sejumlah hal antara lain masih memeriksa sejumlah pihak.

"Belum bisa diputuskan apakah akan selamanya Setnov menjalani di Rutan Gunung Sindur atau sementara. Sampai saat ini masih dalam pendalaman dan pemeriksaan," kata Ade saat dikonfirmasi Tribunnews.com pada Minggu (16/6/2019).

Ade menjelaskan, pihak yang masih diperiksa antara lain Setya Novanto dan pengawal berinisial S.

Selain itu, Ditjen PAS juga belum bisa memastikan apakah Setya Novanto akan menghabiskan sisa masa tahanannya di Rutan Gunung Sindur, karena terkait tugas dan fungsi rutan.

Baca: Sinopsis Drama Korea Strong Woman Do Bong Soon Episode 7: Pelaku Teror Min-hyuk Terungkap

Baca: Bikin Para Koruptor Ciut Nyalinya, Mengenal Lapas Gunung Sindur Tempat Penahanan Batu Setya Novanto

"Di rutan tusinya memberikan pelayanan dan perawatan tahanan tidak membina narapidana. Mengingat Rutan Gunung Sindur adalah Rumah Tahanan Negara bukan Lembaga Pemasyarakatan," kata Ade.

Ade juga membenarkan adanya dugaan penyalahgunaan izin berobat Setya Novanto.

"Bahwa benar warga binaan pemasyarakatan atas nama Setya Novanto tidak ada di rumah sakit santosa pada saat pukul 14.50 WIB sampai dengan 17.43 WIB. Setya Novanto diduga telah menyalahgunakan izin berobat. Keberadaan setnov disalah satu toko bangunan di Kota Baru Padalarang Bandung adalah merupakan tindakan melanggar tata tertib lapas atau rutan," kata Ade.

Kronologi

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM menjelaskan kronologi terkait penyalahgunaan izin berobat narapidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto (Setnov).

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved