Kata Budiman, Informasi Bohong Bisa Dijinakkan dengan Kecerdasan Emosional

Hal itu dikatakannya dalam menanggapi maraknya sebaran informasi bohong di Indonesia semakin mengkhawatirkan

Kata Budiman, Informasi Bohong Bisa Dijinakkan dengan Kecerdasan Emosional
Tribunnews.com/ Ria Anatasia
Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia Budiman Sudjatmiko dalam diskusi bertajuk ‘Kecerdasan Buatan dan Biopolitik; Membangun Masyarakat Kebal Semburan Dusta' di kantor Microsof Indonesia, Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Minggu (16/6/2019) 

TRIBUNNEWS.COM. JAKARTA - Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia, Budiman Sudjatmiko mengatakan harus disiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu membangun kapasitas kognisi dan kecerdasan emosional untuk menjinakkan semburan dusta

Hal itu dikatakannya dalam menanggapi maraknya sebaran informasi bohong di Indonesia semakin mengkhawatirkan.

Baca: Polri Pastikan 4 Korban Tewas Kerusuhan 21-22 Mei Akibat Peluru Tajam

Jika terlambat diantisipasi, katanya, semburan dusta atau firehose of falsehood bisa memicu daya rusak yang dahsyat.

Budiman Sudjatmiko mengatakan semburan dusta tidak boleh dianggap remeh karena jumlah sebarannya tidak terhingga dan bisa disebarkan siapapun menggunakan berbagai saluran.

"Sebagai bekal menghadapi Revolusi 4.0, Inovator 4.0 Indonesia siap mengerahkan orang-orang Indonesia di dalam dan luar negeri yang paham tentang hal ini," kata Budiman, Senin (17/6/2019)

Sebagai bentuk konkretnya, Inovator 4.0 Indonesia menggelar Big Questions Forum Inovator 4.0 Indonesia dengan tema ‘Kecerdasan Buatan dan Biopolitik; Membangun Masyarakat Kebal Semburan Dusta’, pada Minggu (16/6/2019).

Hadir sebagai narasumber adalah ahli neuro sains dari Tokyo University Hospital, DR Ryu Hasan; Kandidat Doktor dalam Rekayasa Genetik Universitas Oxford, Muhammad Hanifi; dan pendiri Bandung Fe Institute serta ahli kompleksitas, Hokky Situngkir.

Adapun serial Big Questions Forum akan digelar tiap bulan oleh Inovator 4.0 Indonesia dengan mengangkat tema tentang sesuatu yang baru khas Revolusi 4.0 di Indonesia.

Dalam forum tersebut, disimpulkan semburan dusta bisa dijinakkan setidaknya melalui tiga cara, mengembangkan kecerdasan emosional, mengidentifikasi bias informasi dalam diri dan mengidentifikasi bahan semburan dusta.

"Jika kita merasa tak kan mengubah apa-apa, kita tak akan menyumbang isi apa-apa untuk masa depan kita, yang dekat maupun jauh. Forum ini adalah wake up call. Bangun & cepatlah mandi..." ungkap aktivis kelahiran Cilacap, Jawa Tengah, tersebut.

Halaman
12
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved