Jokowi Akan Dorong Transaksi Dagang di Negara ASEAN Gunakan Mata Uang Lokal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendorong penggunaan mata uang lokal saat transaksi dagang sesama negara-negara ASEAN.

Jokowi Akan Dorong Transaksi Dagang di Negara ASEAN Gunakan Mata Uang Lokal
TRIBUNNEWS/RIA
Menkeu Sri Mulyani usai rapat kerja bersama Komusi XI membahas asumsi makro RAPBN 2020 di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendorong penggunaan mata uang lokal saat transaksi dagang sesama negara-negara ASEAN.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani setelah rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Menurut Sri Mulyani, ada beberapa isu yang akan diangkat Presiden Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 pada 20-23 Juni 2019 di Thailand.

Baca: Pada Derbi Seru di Kasta Kedua Liga Australia Ini Ada Eks Pilar Persib

Baca: Dul Jaelani Tak Diberi Uang Jajan Ayah Tirinya, Anak Maia Estianty Ini Hormati Prinsip Irwan Mussry

Baca: 7 Kesalahan Tak Disengaja dalam Drama Korea yang Bikin Penonton Tertawa

Baca: Perlahan-lahan Terkuak, Inilah Motif Pasutri Habisi Nyawa Santi Malau Karyawati Bank Syariah Mandiri

"Isu ini terkait dengan kepentingan Indonesia. Mata uang lokal yang sekarang ini antara bank sentral dan negara-negara ASEAN," ujar Sri Mulyani.

Mantan Direktur Bank Dunia itu menuturkan, penggunaan mata uang lokal dalam transaksi sesama negara ASEAN dapat berdampak positif terhadap mata uang negaranya masing-masing.

"Transaksi menggunakan masing-masing mata uang, sehingga tidak membutuhkan transaksi melalui dolar AS," ucap Sri Mulyani.

Selain itu, Presiden Jokowi juga akan mendorong pembiayaan infrastruktur maupun menciptakan asuransi dilingkungan negara ASEAN untuk bencana alam.

"Asuransi untuk bencana akan yang Indonesia memang sudah dirintis, tapi di negara-negara ASEAN itu juga penting," katanya.

Tangani sampah plastik

Indonesia akan membawa isu sampah plastik saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved