Peringati Bulan Bung Karno, Ideologi Pancasila Harus Ditanamkan Sejak Dini

Ideologi Kebangsaan Bung Karno disebut TB Hasanuddin tetap relevan di tengah era digital saat ini.

Peringati Bulan Bung Karno, Ideologi Pancasila Harus Ditanamkan Sejak Dini
Vincentius Jyestha/Tribunnews.com
Pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Barat menjelang Rakerda DPD PDI Jawa Barat, yang digelar Sabtu (22/6/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPD PDI Perjuangan, TB Hasanuddin, mengatakan ideologi tentang falsafah Pancasila yang dicetuskan oleh Ir Soekarno dan telah disepakati oleh para pendiri bangsa, harus dikenalkan mulai dari anak didik bawah sampai dewasa.

"Pengemasannya harus lebih disesuaikan dengan kekinian agar terus menjadi diskursus di kalangan anak muda," ujar TB. Hasanuddin, pasca menggelar diskusi dengan anak-anak muda Jawa Barat dalam rangka memperingati kelahiran dan haul Bung Karno, di Sinopsis Creative Space, Jl. Pelajar Pejuang, Bandung, Jumat (21/6/2019).

Ideologi Kebangsaan Bung Karno disebut TB Hasanuddin tetap relevan di tengah era digital saat ini.

Menurutnya, banyak anak muda yang mengenal baik sosok Soekarno dan mencoba mengapresiasinya dengan beragam hal positif.

"Ada banyak hal yang sudah mereka lakukan dalam menjaga Indonesia dengan cara beragam, melalui bisnis, musik, berkesenian. Semangat ini sangat bagus. Namun demikian masih ada sekelompok orang yang mencoba untuk merusak tata nilai kebangsaan ini," ucapnya.

Baca: HUT ke-492 DKI Jakarta, 8 Museum dan 6 Tempat Wisata Ini Bebas Biaya Masuk

Oleh karenanya, ia mengusulkan agar ajaran dan pemikiran Soekarno untuk bangsa harus terus dilestarikan melalui program khusus oleh kementerian terkait.

Ia berjanji akan mengawal hal ini dalam tugasnya sebagai anggota DPR RI.

Baca: Yusril Beberkan Alasan Pentingnya Mempidanakan Bambang Widjojanto, Salah Satunya soal Tuduhan

TB Hasanuddin juga menyinggung keterlibatan anak-anak muda untuk menjadi bagian dalam merawat nilai- nilai kebangsaan melalui politik.

"Saya harap politik tidak lagi dilihat sebagai sesuatu yang angker, atau politik tempat berkelahi korupsi. Politik itu seni dan memiliki manfaat," jelasnya.

Baca: Andai Akhirnya Sidang MK Putuskan Prabowo-Sandi Kalah dan Jokowi Menang, Begini Sikap Kuasa Hukum 02

Di sisi lain, Ketua Fraksi DPRD Provinsi Jawa Barat Syamsul Bahri menyebut rangkaian kegiatan Peringatan Bulan Bung Karno yang digelar DPD PDI Jawa Barat adalah upaya untuk terus menumbuhkan semangat kader PDI Perjuangan di Jabar.

"Selain itu untuk mengingatkan masyarakat tentang kiprah Bung Karno. Terlebih Jabar khususnya Bandung menjadi tempat kontemplasi dalam melahirkan ideologi beliau" ungkap Syamsul.

Selain dialog bareng milenial, rangkaian peringatan Bulan Bang Karno akan dilanjutkan dengan Doa Dan Haul Bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jabar serta Rapat Kerja Daerah DPD PDI Jawa Barat pada Sabtu (22/6).

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved