Breaking News:

Antasari Usul Agar KPK Miliki Dewan Pengawas

Antasari Azhar mengusulkan agar KPK memiliki dewan pengawas, sebagai kontrol kinerja para pimpinan lembaga antirasuah itu.

Warta Kota/henry lopulalan
Mantan Ketua KPK Antasari Azhar (tengah) usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (26/1/2017). Warta Kota/henry lopulalan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar mengusulkan agar KPK memiliki dewan pengawas, sebagai kontrol kinerja para pimpinan lembaga antirasuah itu.

Hal tersebut diusulkan Antasari ketika bertemu dengan Pansel calon pimpinan KPK di komplek Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (2/7/2019).

"Usulan saya pribadi tadi, perlu dewan pengawas, gimanapun harus dikontrol," ujar Antasari.

Menurutnya, kerja dewan pengawas nantinya mengontrol kinerja para pimpinan KPK, misalnya berapa laporan perkara yang masuk, berapa tingkat penyelidikan yang berlanjut ke penyidikan, dan lain-lainnya.

Baca: Ajakan Jokowi Ke Prabowo-Sandi Bukan Sinyal Bagi-bagi Kursi Kabinet

"Ini diisi orang yang tidak punya kepentingan dengan perkara di KPK, tidak punya kepentingan dengan perkara yang ditangani oleh KPK, dan tentunya mereka tokoh masyarakat yang peduli dengan penegakan antikorupsi," papar Antasari.

Namun terkait bentuk dewan pengawas KPK yang diharapkan Antasari, dirinya berharap berada di luar struktur KPK dan diperlukan pembahasan yang lebih lanjut.

"Era saya yang dulu, saya ingin tingkatkan pengawasan internal di KPK menjadi deputi, supaya bisa mengawasi seluruh, deputi kan eselon satu, mengawasi seluruhnya tapi ternyata saya harua mengubah undang-undang, enggak jadi saya," paparnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved