Indonesia-Arab Saudi Kerjasama Perkuat Ekonomi Digital

Menurutnya, kerjasama ini juga mendorong investasi Arab Saudi pada sektor digital, untuk pengembangan unicorn baru di Indonesia.

Indonesia-Arab Saudi Kerjasama Perkuat Ekonomi Digital
SURYA/DELYA OCTOVIE
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, menjenguk Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, yang masih dirawat di ICU RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, Sabtu (29/6/2019) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bertolak ke Riyadh, Arab Saudi, dalam rangka penandatanganan MoU kerjasama pemerintah Indonesia-Arab Saudi untuk memperkuat ekonomi digital dua negara.

"Kerjasama ini turut mendorong visi Indonesia untuk menjadi Energi Digital Asia tahun depan. Sekaligus menguatkan dukungan Indonesia pada pencapaian visi 2030 Arab Saudi yang terus memperkuat pengembangan sektor industri non-minyak," ujar Rudiantara, Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Menurutnya, kerjasama ini juga mendorong investasi Arab Saudi pada sektor digital, untuk pengembangan unicorn baru di Indonesia.

Manfaat lain dari kolaborasi digital ini adalah dalam pertukaran informasi, pengalaman dan pengetahuan oleh ahli.

“Kominfo akan menggandeng sebanyak mungkin wirausahawan muda, pelaku industri startup dan UKM terpilih untuk berpartisipasi dalam kerja sama selama 5 tahun ke depan," ucap Rudiantara.

Inisiasi kerja sama sendiri telah dilakukan sejak pertemuan G20 Meeting di Dussedorf, Jerman pada 2017 dan terus dibahas dalam sejumlah pertemuan.

Baca: Ketua DPW PPP Jatim Akui Haris Minta Tolong Sampaikan ke Romi Soal Posisi Kakanwil

Pengalaman Indonesia dalam mendorong pertumbuhan industri digital yang ditandai dengan munculnya empat Unicorn menarik perhatian Arab Saudi.

"Pengembangan kerja sama akan melibatkan dua Unicorn Indonesia, Traveloka dan Tokopedia. Mereka secara khusus datang untuk berbagi pengalaman secara langsung dengan pemerintah Arab Saudi", tambah Rudiantara.

Selain penandatangan MoU kerjasama, sejumlah pertemuan juga dilakukan untuk membahas rencana kolaborasi digital. Diantaranya, tentang Umrah Digital Enterprise, pengembangan seribu inovasi digital, serta pembentukan Satgas Digital.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved