Breaking News:

Soal Menteri Muda di Kabinet Jokowi-Maruf: Tanggapan Maruf Amin hingga Kata Pengamat

Soal Menteri Muda di Kabinet Jokowi-Maruf: Tanggapan Maruf Amin hingga Kata Pengamat

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (kiri) dan KH Ma'ruf Amin (kanan) saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2019 di gedung KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019). KPU resmi menetapkan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Soal Menteri Muda di Kabinet Jokowi-Maruf: Tanggapan Maruf Amin hingga Kata Pengamat

TRIBUNNEWS.COM - Setelah pasangan Joko Widodo (Jokowi) Maruf Amin resmi ditetapkan menjadi Presiden dan Wakil Presiden terpilih, pembahasan mengenai calon menteri Kabinet Jokowi-Maruf mulai mengemuka. 

Meski belum memberikan penjelasan tentang siapa saja yang bakal mengisi kabinet di periode kedua kepemimpinannya, Jokowi membocorkan salah satu kriteria calon menteri yang mengisi kabinet Jokowi-Maruf. 

Salah satu kriteria menteri itu yakni berusia muda atau milenial. 

Jokowi menyebut, setiap periode waktu diperlukan kabinet yang berbeda untuk menjawab tantangan zaman.

Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (kiri) dan KH Ma'ruf Amin (kanan) memberikan keterangan saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2019 di gedung KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019). KPU resmi menetapkan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (kiri) dan KH Ma'ruf Amin (kanan) memberikan keterangan saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2019 di gedung KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019). KPU resmi menetapkan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Menurut Jokowi, perlu orang-orang yang enerjik, dinamis, dan fleksibel serta mampu mengikuti perkembangan zaman.

Dalam wawancara khusus bersama harian Kompas yang ditayangkan Kompas TV, Selasa (2/7/2019), Jokowi menilai kriteria tersebut dimiliki oleh anak-anak muda.

"Ya, bisa saja ada menteri umur 20-25 tahun, kenapa tidak?"

"Tapi dia harus mengerti manajerial dan mampu mengeksekusi program-program yang ada."

"Umur 30-an juga akan banyak," kata Jokowi.

Baca: Politikus Nasdem: Kaum Muda Penting di Kabinet Jokowi-Maruf Amin, Tapi Harus Paham Nawa Cita

Halaman
1234
Penulis: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved