Sutopo Purwo Nugroho Meninggal

Kepala BNPB Minta Pemakaman Sutopo Sesuai Tradisi Kedinasan BNPB

Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia Rumah Sakit St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, Tiongkok. Ia menderita kanker paru-paru.

Kepala BNPB Minta Pemakaman Sutopo Sesuai Tradisi Kedinasan BNPB
Ist/Tribunnews.com
Letjen Doni Monardo.

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jenazah Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat (Pudatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencanana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 20.30 Wib.

Sutopo sebelumnya meninggal di Rumah Sakit St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, Tiongkok, saat sedang menjalani pengobatan kanker paru-paru, Minggu, (7/7/2019).

Kepala BNPB, Doni Monardo memerintahkan kepada seluruh staf untuk menyiapkan segala sesuatunya terkait pemakaman.

Baca: Sutopo Rencananya Dimakamkan Dekat Rumah Kedua Orangtuanya.di Boyolali

Doni juga meminta secara khusus agar penerimaan jenazah sang Pahlawan Kemanusiaan itu dapat diproses dengan pemakaman menggunakan tradisi kedinasan BNPB dan juga melibatkan unsur BPBD Boyolali dan Jawa Tengah.

Baca: Terkuak Alasan Ahok Pesan Jas di Samuel Wongso, Putra Sulung Sangkal Untuk Pernikahan dengan Puput

Baca: Kesaksian Rekan Thoriq Rizki Saat Turuni Punggung Naga Gunung Piramid, Tiba-tiba Hilang Tanpa Suara

"Pak Topo adalah Pahlawan Kemanusiaan yang telah ikut membesarkan nama BNPB sejak dibentuk tahun 2008. Pak Topo juga telah mengharumkan nama Indonesia dalam sejumlah karyanya antara lain Penghargaan tertinggi yang diterima Pemerintah RI di Baku Azerbaijan dari PBB di Bidang Inovasi Kebencanaan melaui "Petabencana", ungkap Doni.

Rencananya begitu tiba di Bandara Soekarno Hatta Jenazah akan disemayamkan terlebih dahulu di rumah duka di Raffles Hill I-6 No 15 Cibubur.

Baca: Sutopo Purwo Nugrogo Meninggal Dunia karena Kanker Paru-paru, Gejala Awal Penyakit Itu Tak Disadari

Kemudian jenazah akan diterbangkan ke Solo melalui Bandara Soetta pada hari Senin 8 Juli pukul 05.20 WIB untuk selanjutnya dimakamkan di tempat kelahirannya di Boyolali.

Sutopo dalam pekerjaannya dikenal sebagai orang yang selalu tanggap menginformasikan bencana agar diketahui publik.

Dalam menjalankan tugas sebagai Pahlawan Kemanusiaan dan informan andalan BNPB, Sutopo selalu tampil dengan penuh totalitas dalam memberikan informasi kebencanaan.

Sebagai contoh ketika Indonesia dilanda bencana bertubi-tubi pada tahun 2018 seperti gempabumi beruntun di NTB, gempabumi disusul tsunami dan likuifaksi yang dahsyat di Sulawesi Tengah, dan tsunami senyap di Selat Sunda.

"Dia orang yang sangat komit kepada tugasnya. Dia sangat profesional dalam kerjanya. Dia mengkomunikasikan segala hal terkait bencana di Indonesia dan aktifitas BNPB," Ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI yang merupakan mitra kerja BNPB, Sodik Mudjahid kepada Tribunnews.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved