Kabinet Jokowi

PDIP Dikabarkan Incar Posisi Kementerian Desa, Begini Tanggapan Elit PKB

PKB menilai, peluang untuk mengisi posisi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) terbuka bagi semua parpol.

PDIP Dikabarkan Incar Posisi Kementerian Desa, Begini Tanggapan Elit PKB
Tribunnews/Danang Triatmojo
Ketua DPP PKB Lukman Edy 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai politik pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf diperkirakan bakal mengincar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Pengamat politik Ray Rangkuti mengatakan, kementerian tersebut sebelumnya hanya diincar beberapa partai politik, salah satunya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang basis massanya banyak berada di desa-desa.

Dengan alasan tersebut, kata Ray, semua partai termasuk PDI Perjuangan yang merupakan partainya Presiden terpilih, turut mengincar kementerian tersebut.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PKB Lukman Edy menilai, peluang untuk mengisi posisi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) terbuka bagi semua parpol.

"Kemendes itu sekarang menjadi sangat penting bagi semua pihak yang punya pandangan dalam membangun Indonesia harus dari desa, buttom up merubah cara pandang membangun seperti orba yan top down pasti akan sangat menarik untuk masuk didalam Kementrian desa," kata Lukman Edy di kawasan SCBD, Jakarta, Jumat (12/7/2019). 

Baca: Agustus, Berkas Kasus Suap Pengadaan Pesawat Garuda Akan Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor

"saya positif saja PDIP, saya anggap positif karena PDIP punya visi soal wong cilik, nah wong cilik kan adanya di desa," tambahnya.

Lukman menilai, Nasdem dan Golkar juga punya perhatian khusus dengan masalah desa. 

Namun, ia menegaskan, jika PKB tak kalah mementingkan masalah desa.

Lukman mencontohkan, bagaimana PKB memiliki pengalaman dalam mengelola pemerintahan terkait desa mulai dari Kementrian Kawasan Indonesia Timur, Kementrian Pembanguan Daerah Tertinggal hingga menjadi Kemendes PDTT.

Halaman
123
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved