Breaking News:

Kabinet Jokowi

Usulan Berbagai Pihak untuk Menteri-menteri dalam Susunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Jokowi dan Ma'ruf Amin memiliki waktu sekitar tiga bulan untuk menyusun kebinet, sejumlah pihak berikan usulan untuk penyusunan menteri dalam kebinet.

seno
Jokowi dan Ma'ruf Amin memiliki waktu sekitar tiga bulan untuk menyusun kebinet, sejumlah pihak berikan usulan untuk penyusunan menteri dalam kebinet. 

TRIBUNNEWS.COM - Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin memiliki waktu sekitar tiga bulan untuk menyusun kebinet.

Jokowi-Ma'ruf akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019.

Pemilihan menteri-menteri yang akan mengisi kabinet Jokowi-Ma'ruf menjadi hal yang penting bagi masa depan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf lima tahun ke depan.

Baca: Hendropriyono Dukung Jokowi Pilih Menteri Muda isi Kabinet

Baca: Sembilan Kader PPP yang Dinilai Berpotensi Masuk Kabinet Jokowi

Hal itulah yang membuat berbagai pihak memiliki harapan dan usulan terkait strategi Jokowi menyusun menteri dalam kabinetnya.

Berikut usulan sejumlah pihak terkait menteri pengisi susunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf.

1. JK usulkan adanya harmonisasi

PERTEMUAN WAPRES DENGAN KH MARUF AMIN----Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) bersama  Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin (kiri) saat  pertemuan di Kantor Wapres, Gambir,  Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019). Dalam pertemuan itu, Wapres Jusuf Kalla memberikan informasi mengenai tugas, fasilitas serta masalah-masalah yang harus diselesaikan sebagai Wakil Presiden kepada KH Ma'ruf Amin yang akan menjabat mulai 20 Oktober 2019 mendatang.--Warta Kota/henry lopulalan
PERTEMUAN WAPRES DENGAN KH MARUF AMIN----Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) bersama Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin (kiri) saat pertemuan di Kantor Wapres, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019). Dalam pertemuan itu, Wapres Jusuf Kalla memberikan informasi mengenai tugas, fasilitas serta masalah-masalah yang harus diselesaikan sebagai Wakil Presiden kepada KH Ma'ruf Amin yang akan menjabat mulai 20 Oktober 2019 mendatang.--Warta Kota/henry lopulalan (WARTA KOTA/henry lopulalan)

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengusulkan agar dalam penyusunan kabinet terdapat harmonisasi suku, wilayah, agama, dan politik.

Selain itu JK juga mengusulkan agar sebaiknya partai yang mendapatkan sedikit suara tak perlu mendapat jatah menteri lebih besar dari partai koalisi lainnya.

"Jadi, tidak saja asal partai, ndak. harus ada harmonisasi baik dari harmoniasi antar wilayah dan suku, agama, politik, harmonsasi dalam tingkat kemampuan, profesionalisme.

Itulah baru bisa terjadi suatu yang dapat didukung seluruh rakyat," ujar JK saat memberikan pengarahan peserta Program Pendidikan Singkat Atasan (PPSA) XXII di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Baca: Pengamat Politik Sarankan Jokowi Tiru Cara SBY Seleksi Menteri dalam Menyusun Kabinet

Baca: JK Usul Kabinet Jokowi Harus Harmoniskan Suku Agama dan Wilayah, Begini Tanggapan NasDem

Halaman
1234
Penulis: Fitriana Andriyani
Editor: Miftah
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved