Mabes TNI AL Gelar Kursus Kearsipan TNI AL 2019 Selama Sepekan

Kursus tersebut dilaksanakan untuk memberikan solusi dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan arsip di lingkungan TNI AL.

Mabes TNI AL Gelar Kursus Kearsipan TNI AL 2019 Selama Sepekan
Dispenal
Untuk meningkatkan kemampuan personelnya, Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) menggelar Kursus Kearsipan TNI AL Tahun 2019, yang diprakarsai oleh Sekretariat Umum TNI Angkatan Laut (Setumal) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk meningkatkan kemampuan personelnya, Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) menggelar Kursus Kearsipan TNI AL Tahun 2019, yang diprakarsai oleh Sekretariat Umum TNI Angkatan Laut (Setumal)

Kursus tersebut dilaksanakan untuk memberikan solusi dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan arsip di lingkungan TNI AL.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Sekretariat Umum TNI Angkatan Laut (Kasetumal) Kolonel Laut (S) Poedji Santoso di Basement Setumal, Gedung B1 lantai 1, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur pada Senin (15/7/2019).

Dalam amanatnya, Peodji mengatakan sebagai salah satu bagian dari kesekretariatan.

Baca: 3 Zodiak Suka Tantangan, Capricorn Suka Kompetisi, Leo Berorientasi pada Kemenangan

Baca: Hari Pertama Sekolah - Intip Momen Manis Para Seleb Antar Anaknya Hingga Kirim Sebaris Doa

Baca: Pemerintah Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Pasca-gempa Halmahera

Ia juga mengatakan arsip merupakan hal yang penting bagi organisasi untuk dikelola dengan baik karena arsip adalah sumber informasi yang berguna bagi pemimpin dalam mengambil keputusan yang juga berfungsi sebagai memori organisasi, alat bukti hukum dan bukti akuntabilitas.

"Dalam melaksanakan tugas di bidang kesekretariatan khususnya kearsipan, selain pengetahuan tentang kearsipan, personel pengawak juga harus memiliki sikap mental yang baik yaitu ketekunan, keuletan dan ketelitian untuk dijalankan di lingkungan kerja," kata Poedji.

Ia mengatakan, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pengelolaan arsip telah dilaksanakan secara komputerisasi yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pengelolaan arsip.

"Oleh karena itu untuk meningkatkan kinerja personel diperlukan pelatihan secara berkesinambungan," kata Poedji.

Ia berharap, dengan dimulainya kursus kearsipan ini, para peserta dapat menggali dan mencari pengetahuan dari para instruktur sehingga dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas di bagiannya.

"Ciptakan suasana belajar yang kondusif dan nyaman, melalui semangat keseriusan dan kreatifitas yang tingg, serta jalin komunikasi yang baik dengan sesama peserta, instruktur maupun staf Setumal," kata Poedji.

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu minggu tersebut diikuti oleh lebih kurang 30 personel baik militer maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran TNI AL yang berdinas di bidang Kesekretariatan, khususnya pada bagian arsip.

Peserta kursus diberikan pembekalan berbagai hal tentang kearsipan, diantaranya Pengenalan arsip, Tahap-tahap Pengelolaan Arsip, Praktek Pengarsipan, Pengenalan tentang Jabatan Fungsional Arsiparis, Pengelolaan arsip di Depo Arsip Setum TNI, Pengelolaan arsip secara komputerisasi, hingga melaksanakan kunjungan ke ANRI.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved