Pilpres 2019

Pertemuan Jokowi-Prabowo, Para Elite Diharap Tak Kembali Panas-panasi Suasana Politik

Perludem mengapresiasi pertemuan Presiden terpilih Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

Pertemuan Jokowi-Prabowo, Para Elite Diharap Tak Kembali Panas-panasi Suasana Politik
Tribunnews.com/Jeprima
Presiden Joko Widodo saat bertemu calon presiden Prabowo Subianto usai sama-sama mencoba kereta MRT di Stasiun MRT Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/7/2019). Dalam kesempatan tersebut Prabowo Subianto mengucapkan selamat kepada Joko Widodo yang ditetapkan sebagai calon presiden terpilih pada pemilihan presiden 2019. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA--Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengapresiasi pertemuan Presiden terpilih Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sabtu (13/7/2019).

Namun pertemuan tersebut masih harus juga diikuti oleh para elite politik pendukung masing-masing.

Para elite politik diharapkan seirama dengan Jokowi dan Prabowo untuk semakin mendinginkan suasana di masyarakat, bukan kembali memanas-manasinya. 

Hal itu disampaikan direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini kepada Tribunnews.com, Minggu (14/7/2019).

"Para elite politik harus membuat pernyataan yang konstruktif dan produktif. Sebab, harus juga dipahami beberapa kelompok masyarakat ada yang masih sulit menerima karena ekses polarisasi politik kita. Nah justru proses itu yang harus dikelola dengan baik oleh para elite," ujar Titi Anggraini.

Dengan begitu pula, rekonsiliasi di akar rumput akan berjalan baik.

Namun dia mengingatkan pila agar rekonsiliasi tak sekadar dimaknai  sebagai ajang bagi-bagi kekuasaan.

"Masyarakat bisa lebih menerima kalau rekonsiliasi ini bukan transaksional. Karena mereka akan belajar bahwa ini refleksi dari kedewasaan politik. Rekonsiliasi sosial akan sulit kalau elitenya bersikap transaksional, ini yang harus diperhatikan," tegasnya.

 Tanda Dirajutnya Kembali Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Sugiyarto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved