Sulawesi Utara Butuh Bantuan Dana Pemerintah Pusat untuk Kembangkan Kawasan Wisata

Olly Dondokambey menilai pemerintah daerah membutuhkan bantuan dana dari pemerintah pusat untuk mengembangkan kawasan wisata.

Sulawesi Utara Butuh Bantuan Dana Pemerintah Pusat untuk Kembangkan Kawasan Wisata
Tribun Manado
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menilai pemerintah daerah membutuhkan bantuan dana dari pemerintah pusat untuk mengembangkan kawasan wisata.

Menurutnya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pastinya tidak cukup untuk mengembangkan seluruh kawasan di Sulawesi Utara.

"Dana APBD kita kecil tanpa ditopang pusat tidak bisa jalan," tutur Olly di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (15/7/2019).

Olly mengaku, pemerintah Provinsi Sulut sudah melakukan penataan kawasan wisata dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) secara terbatas.

Baca: Resmikan Tugu Persahabatan Indonesia-Kamboja, Menhan Ryamizard Ungkap Peran Penting Kamboja

Baca: Fakta Baru Terungkap, DP Tersangka Mutilasi Seorang Residivis Kasus Penculikan Mahasiswi

Baca: Nama Bali Kembali Harum, Daerah Ini Masuk Daftar 15 Kota Terbaik di Dunia

Baca: Ikut Ramaikan Hari Pertama Masuk Sekolah, Najwa Shihab Ungkap Ketakutannya Saat Sekolah

"Kami sudah memulai pengembangan SDM, orang sudah kita kirim ke Cina untuk belajar bahasa Cina selama dua tahun, jalan sudah kita perbaiki," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah untuk ikut serta mengembangkan kawasan wisata di masing-masing daerahnya.

"Saya minta pemerintah provinsi turun ke bawah, kabupaten/kota diajak membenahi, sehingga orang masuk betul-betul diberikan pelayanan yang baik," ucapnya.

Kemudian, Jokowi juga menyoroti kualitas sumber daya manusia agar ditingkatkan, dimana pemerintah pusat dan daerah harus bersama-sama memberikan traning kepada masyarakat sekitar yang bekerja di sektor pariwisata.

"Semua diberikan training sehingga bisa betul-betul mampu melayani wisatawan dengan baik dengan ramah tamah, melayani dengan senyuman, dan ini akan memberikan dampak yang baik," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved