MK Bakal Dihadiahi 3 Rekor MURI Sekaligus karena Dianggap Jadi Suri Tauladan Peradilan Indonesia

MK bakal dihadiahi tiga rekor MURI sekaligus karena dianggap mampu memberikan pengaruh suri teladan yang baik bagi lembaga peradilan

MK Bakal Dihadiahi 3 Rekor MURI Sekaligus karena Dianggap Jadi Suri Tauladan Peradilan Indonesia
Tribunnews.com/Rizal Bomantama
Jaya Suprana 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) bakal dihadiahi tiga rekor MURI sekaligus karena dianggap mampu memberikan pengaruh suri teladan yang baik bagi lembaga peradilan di Indonesia.

Tiga rekor MURI itu diantaranya ialah rekor sidang terlama nonstop, rekor sidang dengan jumlah dokumen terbanyak, serta catatan rekor sebagai lembaga peradilan pertama yang terbuka kepada publik untuk dapat mengikuti tahap demi tahap proses persidangan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pendiri MURI Jaya Suprana saat datang ke Gedung MK, disela-sela padatnya jadwal persidangan lanjutan sengketa hasil Pileg 2019, Rabu (17/7).

"Penghargaan ini dimaksudkan agar semua lembaga peradilan dapat mencontoh MK," ungkap Jaya Suprana, di lokasi.

Menurut Jaya Suprana, sesungguhnya MURI sudah lama punya niatan memberi penghargaan kepada MK.

Namun karena beberapa waktu lalu masih dalam lingkup suasana politik, ia sengaja urungkan dulu tujuannya itu.

"Memang sudah lama Museum Rekor Dunia Indonesia mempertimbangkan untuk mencatat rekor MK karena kami menilai MK layak. Tapi karena suasana politik kemarin, jadi kami belum berani mengambil langkah," ujarnya.

Jaya Suprana beranggapan MK sangat layak diberikan tiga penghargaan itu sekaligus.

Salah satu penilaiannya bercermin dari kiprah MK saat mampu menyelesaikan perkara sengketa hasil Pilpres 2019 yang rumit dan problematis, secara tegas.

MK juga melangsungkan persidangan selama 20 jam nonstop sejak pukul 09.00 WIB, tanggal 19 Juni 2019 dan baru selesai keesokan harinya pada 20 Juni 2019, pukjl 05.00 WIB.

"MK bisa menyelesaikannya dengan baik, bahkan ada estetika kinerja yang sangat membanggakan karena semua bisa diselesaikan dengan baik," jelas dia.

Lebih lanjut, penyerahan penghargaan rekor MURI ini akan diberikan tepat di ulang tahun MK ke-16 yang jatuh pada 13 Agustus 2019.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Sugiyarto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved