Jubir Milenial TKN Jokowi-Maruf Amien Harap Diaspora Berprestasi Diajak Kembali ke Tanah Air

Muhammad Pradana Indraputra jubir milenial TKN Jokowi-Maruf Amien mengharap pemerintah harus proaktif dalam melakukan talent scouting diaspora di luar

Editor: FX Ismanto
HandOut/Istimewa
Ketua Koordinator KITASATU (Relawan Milenial Jokowi-Amin) sekaligus juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Milenial, Muhammad Pradana Indraputra. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Muhammad Pradana Indraputra jubir milenial TKN Jokowi-Maruf Amien mengharap pemerintah harus proaktif dalam melakukan talent scouting diaspora di luar negeri yang berprestasi dan yang mempunyai pengalaman di bidang riset dan teknologi diajak kembali ke Indonesia.

"Mereka diajak untuk bergabung baik dalam lembaga riset pemerintah ataupun swasta. Pemerintah dalam hal ini menjadi fasilitator dan juga akselerator bagi lembaga lembaga ataupun perusahaan-perusahaan bagi industri, riset ,teknologi dan pembangunan nasional di Indonesia," ungkap Pradana dalam acara diskusi di PB HMI, Jl. Sultan Agung, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019).

Menurutnya, pemerintah siapapun presidennya pasti punya keterbatasan soal anggaran . Maka pemerintah perlu mencari akal lain untuk menjadi fasilitator .

"Misalnya ada lembaga riset yang bagus, ini dikumpulkan dicarikan pendanaan dan dari dalam negeri atau bisa luar neger. Umpama lembaga riset soal teknologi mobil, bisa kerjasama dengan Toyota atau soal transportasi bisa menggandeng go-jek ," paparnya.

Ia juga mendorong milenial untuk terus melakukan inovasi apalagi dengan banyaknya beasiswa untuk sekolah ke luar negeri.

"Zaman sekarang bisa begitu banyak beasiswa , jumlahnya triliunan. Sekarang kurang apa lagi itu? Semua orang udah bisa daftar ke sana , ditanggung juga living cost , tidak hanya soal biaya pokok pendidikan tapi juga biaya hidup ditanggung oleh pemerintah ," ungkapnya.

Ditambahkannya hal itu sangat bagus , tinggal di tingkatkan terus." Soal beasiswa ini bisa juga pemerintah mengajak kampus di luar negeri untuk memberikan beasiswa kepada pelajar.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved