Kabinet Jokowi

Aliansi Relawan Jokowi Berharap Ada Menteri Terpilih dari Papua Barat

Demikian dikemukakan Koordinator Aliansi Relawan Jokowi Provinsi Papua Barat, Vinsen Kocu, dalam keteranganya, Minggu (21/7/2019).

Aliansi Relawan Jokowi Berharap Ada Menteri Terpilih dari Papua Barat
Ist/Tribunnews.com
Ketua Badan Kehormatan DPD RI, Mervin I. S. Komber (kanan). 

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Pengangkatan menteri disadari merupakan hak dan kewenangan presiden sepenuhnya.

Dan kami meyakini bahwa presiden dalam mengangkat menteri-menterinya, selain memperhatikan persyaratan-persyaratan sebagaimana diatur dalam UU Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Kementerian Negara, tentunya.

Demikian dikemukakan Koordinator Aliansi Relawan Jokowi Provinsi Papua Barat, Vinsen Kocu, dalam keteranganya, Minggu (21/7/2019).

"Presiden juga mempertimbangkan berbagai aspek baik dinamika global, nasional maupun pertimbangan kecakapan, kemampuan kepemimpinan calon-calon menteri," ujar Vinsen.

Baca: Dua Menteri Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Perayaan Kemenangan Jokowi-Maruf

Oleh karena itu, Aliansi Relawan Jokowi Provinsi Papua Barat menyampaikan usulan sebagai berikut:

1. Setelah menyelami aspirasi dan harapan masyarakat Papua Barat, kami menangkap adanya kerinduan, kebanggaan masyarakat apabila Putra Papua Barat diangkat Presiden Jokowi dalam kabinet Pemerintahan Jokowi 2019-2024.

2. Sinyal untuk adanya menteri dari kalangan muda sangat kami apresiasi.

"Apalagi dengan kondisi di Tanah Papua saat ini, kemunculan anak muda Papua akan memicu harapan baru bagi eksistensi generasi muda Papua," ujar Vinsen.

3. Kami mendukung pernyataan Bu Megawati bahwa, calon menteri dari kalangan muda harus yang menguasai masalah, pintar, memahami tata pemerintahan dan sudah berpengalaman.

4. Untuk itu Kami mengusulkan Ketua Badan Kehormatan DPD RI, Mervin I. S. Komber.
Mervin Komber selaku Anggota DPD RI Periode 2009 2014 dan 2014 2019. Mervin sebagai figur yang menjadi inspirasi bagi anak-anak muda Papua Barat.

"Mervin dikenal luas sebagai orang asli Papua pertama yang menempati Ketua salah satu Alat Kelengkapan di Senayan, yakni Ketua Badan Kehormatan DPD RI," ujar Vinsen.

5. Dengan dasar sebagaimana disebutkan di atas, ditunjang oleh pengalaman, ketokohan, kemampuan personal, kepemimpinan, integritas diri dan besarnya kepedulian Mervin S. Komber selama menjadi Anggota DPD dua periode mewakili Papua Barat, dan Mervin juga terlibat aktif dalam berbagai aktivitas kepemimpinan semasa kuliah di Universitas Cenderawasih Jayapura Papua.

"Maka kami dari Aliansi Relawan Jokowi Papua Barat menyatakan harapan dan dukungan kami agar Bapak Presiden Jokowi berkenan menimbang Mervin I. S. Komber, putra asli Papua Barat, sebagai salah satu menteri di jajaran kabinet Indonesia Kerja jilid II periode 2019-2024," ujar Vinsen.

"Uusulan ini kami buat untuk menjadi bahan pertimbangan dengan tetap menghormati hak prerogratif Presiden," Vinsen menambahkan.

Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved