Breaking News:

‎Lupakan Konflik Masa Lalu, Indonesia-Timor Leste Sepakat Selesaikan Batas Darat

Perdana Menteri Xanana Gusmao bertemu dengan Menko Polhukam Wiranto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kantor Kemenko Polhukam

Tribunnews.com/ Seno Tri Sulistiyono
Mantan Perdana Menteri Xanana Gusmao bertemu dengan Menko Polhukam Wiranto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (22/7/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Timor Leste sepakat menyelesaikan batas darat.

Hal tersebut diselesaikan setelah mantan Perdana Menteri Xanana Gusmao bertemu dengan Menko Polhukam Wiranto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (22/7/2019).

"Dapat disampaikan kepada saudara-saudara sekalian dan masyarakat, bahwa semua perundingan batas darat secara prinsip sudah selesai," tutur Wiranto.

Menurut Wiranto, pertemuan dengan Xanana yang saat ini bekapasitas sebagai Ketua Perunding Timor Leste, sudah lama direncanakan dalam membahas hal yang sangat strategis bagi kedua negara.

Baca: Elite PKB Sebut Syarat Rekonsiliasi 55:45 Amien Rais Kurang Patut

Baca: Sindikat Narkoba Jaringan Internasional Terbongkar, Ribuan Pil Ekstasi dan Sabu dari Malaysia Disita

Baca: Cerita Detik-Detik Nunung Digerebek Polisi: Saya Sudah Feeling, Anak dan Menantu Suruh Masuk Kamar

"Meskipun dimasa lalu kita pernah berkonflik tapi kemudian kita juga berjanji untuk melupakan masa lalu menatap masa depan dengan basis persaudaraan dan perdamaian yang abadi," papar Wiranto.

Atas dasar tersebut, kata Wiranto, RI dan Timor Leste bersepakat menyelesaikan batas darat sekmen Noelbesi-Citrana dan Bijael Sunan-Oben Manunasasi. Di mana tahap tahap selanjunya masuk ke dalam pengaturan teknis.

"Kesepakatan ini akan kita finalisasi untuk dituangkan dalam adendum dua yaitu perjanjian batas tahun 2005 dan nantinya tentunya akan dituangkan dalam perjanjian komprehensif Republik Indonesia dan Timor Leste," tuturnya.

"Dengan rampungnya perbatasan darat, maka saya ingin sampaikan bahwa pemerintah bahwa pemerintah Indonesia dan pemerintah Timor Leste mulai sepakat untik kita mulai melaksanakan perundinhan batas maritim," sambung Wiranto.

Di tempat yang sama Xanana menyampaikan, penyelesaian batas darat pada hari ini belum memasuki tahap final, tetapi secara prinsip kedua negara sudah ada kesepaktan.

"Ini sudah lama (pembahasan perbatasan), kita ingin cepat, sekaranf kita dapat mewujudkan negosiasi perbatasan laut," kata Xanana.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved