Luhut Beri Saran ke Jokowi untuk Stop Impor Garam

Luhut Binsar Panjaitan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan saran agar menghentikan impor garam

Luhut Beri Saran ke Jokowi untuk Stop Impor Garam
Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mempertemukan para stakeholder pariwisata terkait di Kampus IT Del, Laguboti, Kabupaten Tobasa pada Jumat (12/7/2019) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan saran agar menghentikan impor garam.

"Tadi saya saran ke presiden soal harga garam, supaya itu jangan lagi impor-impor kita, karena saya pikir itu membuat harga garam jadi turun, apalagi impor pada waktu panen," ujar Luhut di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Menurut Luhut, produksi garam industri secara nasional pada 2021 mencapai 800 ribu ton, seiring adanya pembangunan pabrik garam di Nusa Tenggara Timur.

"Jadi sebenarnya kita tidak usah lagi impor-impor. Sekarang ini saya sarankan presiden eloknya tidak usah ada impor-impor lagi lah. Itu bikin kacau," tutur Luhut.

Baca: Kemenhub: Adopsi Standar UNECE di Mobil Listrik Akan Ditandatangani Bulan Desember

Luhut menilai, membengkaknya impor telah membuat defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) tertekan, sehingga dengan menstop impor garam maka tekanan terhadap CAD diharapkan dapat berkurang.

"Jadi dari situ kita lihat current account deficit kita mestinya sangat bagus sudah. Karena tahun 2023 - 2024 kita sudah ekspor 35 miliar dolar AS dari sana,” paparnya.

Sebelumnya, petani garam yang berada di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengaku sangat merugi pada musim panen kali ini, karena hasil produksi mereka hanya dihargai Rp 300 per kilogram.

Petani merugi karena harga garam milik mereka terus anjlok, bahkan saat ini yang baru masuk musim panen harganya Rp 300 per kilogram.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved