Penangkapan Terduga Teroris

Terduga Teroris N Rencanakan Aksi Terorisme di Sumatera Barat 17 Agustus Mendatang

Ia menyebut N melakukan survei ke sejumlah titik yang menjadi target penyerangan. Antara lain seperti Polda, Polresta, hingga beberapa pos lalu lintas

Terduga Teroris N Rencanakan Aksi Terorisme di Sumatera Barat 17 Agustus Mendatang
TRIBUN JATENG/JAMAL A NASHR
ilustrasi.Aparat Kepolisian mengawal pemindahan 28 tahanan terorisme yang tiba menggunakan Kapal Lawit di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Senin (24/6/2019). Para tahanan yang terdiri dari anak-anak dan dewasa tersebut berasal dari Palangkaraya Kalimantan Tengah. TRIBUN JATENG/JAMAL A NASHR 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri mengungkap terduga teroris N atau Novendri yang diamankan Densus 88 Antiteror di Padang, ternyata telah merencanakan aksi terorisme pada 17 Agustus 2019 mendatang. 

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan N telah melakukan pemetaan di Sumatera Barat yang menyasar markas kepolisian.

"Khusus untuk saudara Novendri sendiri dia sudah merencanakan aksi terorismenya dengan melakukan surveillance atau pemetaan ke beberapa sasaran aksi terorisme, khususnya di Sumatra Barat," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (23/7/2019). 

Ia menyebut N melakukan survei ke sejumlah titik yang menjadi target penyerangan. Antara lain seperti Polda, Polresta, hingga beberapa pos lalu lintas di Padang

"Polda sudah disurvei, Polresta Padang, merencanakan jenis bom yang sedang dirakit untuk diledakkan, sasarannya pada upacara 17 Agustus mendatang. Beberapa pos lalu lintas di Padang juga sudah disurvei," imbuhnya. 

Baca: Baiq Nuril Hadiri Rapat Pleno Komisi III DPR

Tak hanya itu, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah tersebut mengatakan anggota-anggota kepolisian juga diikuti.

Anggota Korps Bhayangkara itu diikuti dengan tujuan akan diserang dan direbut senjata api yang dimilikinya. 

Lebih lanjut, jenderal bintang satu itu menuturkan N tidak bekerja sendiri dalam merencanakan aksi terorisme dan melakukan surveinya. Hingga kini, Densus 88 Antiteror masih terus melakukan pengejaran terhadap kelompok dari N. 

"Beberapa anggota polisi juga sudah diikuti untuk diserang dan direbut senjatanya. Dia tidak bekerja sendiri, beberapa kelompoknya masih dikejar Densus 88 dan Satgas Antiteror di Polda-Polda," tandasnya. 

Baca: Komedian Polo Angkat Bicara Soal Kabar Perseteruan Keluarganya dengan Nunung

Sebelumnya diberitakan, seorang terduga teroris berinisial N (39) diamankan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri di Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Kamis (18/7/2019) malam.

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved