KASAL Buka Navy Open Water Sports (NOWS) Tournament Tahun 2019

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengatakan, salah satu wujud nyata TNI Angkatan Laut dalam

KASAL Buka Navy Open Water Sports (NOWS) Tournament Tahun 2019
Dinas Penerangan Angkatan Laut
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengatakan, salah satu wujud nyata TNI Angkatan Laut dalam rangka pemberdayaan pertahanan wilayah laut Indonesia dan membina potensi maritim nasional adalah dengan mewadahi dan membina Olahraga Perairan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengatakan, salah satu wujud nyata TNI Angkatan Laut dalam rangka pemberdayaan pertahanan wilayah laut Indonesia dan membina potensi maritim nasional adalah dengan mewadahi dan membina Olahraga Perairan.

Kejuaraan yang akan dilaksanakan hingga 27 Juli 2019 mendatang ini diikuti sebanyak 1.420 peserta baik militer dan masyarakat umum.

Kejuaran tersebut dilaksanakan di beberapa venue diantaranya, Olahraga Dayung di Pantai Mutiara Pluit, Layar di Sea Front Ancol, Ski Air di Danau Sunter dan Selam di Pondok Dayung.

Baca: Tangani Masalah Hukum, PT JIEP Jalin Kerjasama dengan Kejati DKI Jakarta

Baca: Seorang Pensiunan Meninggal dalam Kesendirian, Jenazahnya Baru Ditemukan 7 Bulan Kemudian

Baca: Hari Ini Tim Pengacara Kivlan Zen Akan Hadirkan Bukti, Saksi Fakta, dan Ahli di Sidang Praperadilan

Baca: Berdebat soal Pansel KPK, Haris Azhar Disemprot Diani Sadiwati: Itu Namanya Mempermalukan!

Menurut Siwi, menjadi juara bukanlah tujuan utama dari kejuaran tersebut.

Ia berharap hendaknya kejuaraan tersebut dimaknai sebagai semangat mengembangkan dan memasyarakatkan olahraga perairan di Indonesia, serta memicu prestasi para atlet olahraga perairan prajurit TNI Angkatan Laut dan masyarakat maritim di tiap daerah, mulai dari prestasi tingkat nasional hingga prestasi internasional.

Siwi juga berharap turnamen ini bisa mewujudkan Kemanunggalan TNI Angkatan Laut dengan rakyat, khususnya masyarakat maritim dalam Ruang Alat Kondisi (RAK) juang yang tangguh, serta mewujudkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan potensi dan sumber daya maritim.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka kegiatan Navy Open Water Sports (NOWS) Tournament tahun 2019 di Indonesia Jet Sport Boating Association (IJBA) Jet Ski Ancol, Jakarta Utara pada Selasa (23/7/2019). 

“Tetaplah bermain dengan sportif di setiap perlombaan dan tunjukkan performa terbaik demi meraih prestasi sebagai atlet yang profesional," kata Siwi sebagaimana disampaikan dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Laut pada Selasa (23/7/2019).

Pembukaan Naval Open Water Sport Tournament 2019 ditandai dengan penekanan tombol oleh Siwi yang didampingi Deputi 3 Kemenpora, Ketua KONI Pusat, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementrian PUPR, Deputi Indotrans mewakili Gubernur DKI.

Kegiatan tersebut sekaligus sebagai tanda dimulainya perlombaan Olahraga Jet Ski kelas Junior Runabout Stock Usia 10 sampai dengan 13 tahun. 

Pangkoarmada I Laksda TNI Yudo Margono sebagai pemegang gelar juara Kasal Cup tahun 2018 menyerahkan piala bergilir kepada Siwi dan diserahkan kepada Komandan Lantamal III Jakarta selaku Ketua Pelaksana NOWS Tournament tahun 2019 Laksamana Pertama TNI Denih Hendrata.

Turut Hadir dalam acara pembukaan tersebut antara lain, Wakasal Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, para Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL dan pejabat TNI AL dan undangan lainnya.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved