Kembangkan SDM Aparatur, Kemenpan RB Inisiasi Kerjasama UI, Unhas dan 2 Universitas Internasional

Terkait rencana kerjasama ini, Kementerian PANRB melibatkan dua universitas terkemuka di Indonesia yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Hasanud

Kembangkan SDM Aparatur, Kemenpan RB Inisiasi Kerjasama UI, Unhas dan 2 Universitas Internasional
Istimewa
Sebagai salah satu upaya mendorong penguatan reformasi birokrasi melalui pengembangan sumber daya manusia, Kementerian PANRB menjajaki kerjasama dengan University of Melbourne di Australia dan Victoria University of Wellington di Selandia Baru. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai salah satu upaya mendorong penguatan reformasi birokrasi melalui pengembangan sumber daya manusia, Kementerian PANRB menjajaki kerjasama dengan University of Melbourne di Australia dan Victoria University of Wellington di Selandia Baru.

Terkait rencana kerjasama ini, Kementerian PANRB melibatkan dua universitas terkemuka di Indonesia yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Hasanuddin.

"Kerjasama ini merupakan titik awal untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya aparatur pemerintahan yang mampu bersaing di kancah internasional," ujar Menteri PANRB saat berada di University of Melbourne, Australia,bersama dengan delegasi Indonesia lainnya, Jumat (26/7).

Pengembangan kerjasama untuk pengingkatan kualitas sumber daya aparatur negara yang sedang dijalankan Kementerian PANRB sejalan dengan Grand Design Reformasi Birokrasi dimana pada tahun 2020 hingga 2025 fokus reformasi birokrasi adalah pemngembangan sumber daya manusia.

Baca: Respons Pernyataan Moeldoko, Sekjen PPP: Koalisi Jokowi Sudah Plus-plus, Tidak Pernah Minus-minus

Baca: Ramalan Zodiak Besok, Sabtu 27 Juli 2019: Aries Bersikap Posesif, Kesabaran Scorpio Diuji

Baca: Imbauan Jokowi Kepada Masyarakat di Sekitar Gunung Tangkuban Parahu

Kementerian PANRB menginisiasi kerjasama double degree di Bidang Administrasi dan Kebijakan Publik anatara Universitas Indonesia, Universitas Hasanudin dengan University of Melbourne, Australia serta Victoria University of Wellington, Selandia Baru.

"UI akan menjadi garda terdepan dalam mengawal pengembangan sdm Aparatur di wilayah barat sedangkan Universitas Hasanuddin akan mengawal pengembangan sdm aparatur di wilayah timur Indonesia," ungkap Menteri Syafruddin.

Kementerian PANRB melakukan kerjasama denganUniversity of Melbourne dan Victoria University og Wellington karena kedua universitas tersebut memiliki reputasi yang unggul dalam program kebijakan publik serta e-goverment.

"Kedua program ini sangat strategis bagi pengembangan sumber daya aparatur di Indonesia untuk menyongsong revolusi industri," papar Syafruddin.

Melalui kerjasama empat universitas ini diharapkan akan terjadi pertukaran informasi dan ilmu pengetahuan terkait perkembangan reformasi birokrasi di Australia dan Selandia Baru sebagai bahan masukan bagi pengembangan kebijakan di Indonesia.

Selain itu juga melalui kerjasama ini dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan reformasi birokrasi yang dapat diterapkan di Indonesia khususnya dalam aspek pengembangan sumber daya aparatur.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved