Pilpres 2019

Mahasiswa dan Pemuda Aceh Kirim Surat ke Jokowi, Tagih Janji Politik Saat Kampanye Pilpres 2019

Mahasiswa dan Pemuda Aceh menagih janji politik Joko Widodo saat berkampanye di Lhokseumawe pada rangkaian Pilpres 2019 lalu.

Mahasiswa dan Pemuda Aceh Kirim Surat ke Jokowi, Tagih Janji Politik Saat Kampanye Pilpres 2019
Instagram Jokowi
Presiden Jokowi Memakai Pakaian Adat Aceh. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Mahasiswa dan Pemuda Aceh menagih janji politik Joko Widodo saat berkampanye di Lhokseumawe pada rangkaian Pilpres 2019 lalu.

Salah satu janji yang ditagih mahasiswa dan pemuda Aceh adalah perpanjangan dana otonomi khusus (Dana Otsus).

Permintaan itu disampaikan oleh Dewan Pengurus Komite Mahasiswa dan Pemuda Aceh Nusantara (KMPAN) melalui surat yang dikirimkan kepada Presiden Joko Widodo.

Surat yang ditujukan kepada Presiden Jokowi cq Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, itu tertanggal 25 Juli 2019.

Dalam surat yang diteken Sekretaris Jenderal KMPAN, Fadhli Espece menyebutkan, perdamaian Aceh adalah hasil perjuangan panjang yang hingga lahirnya perjanjian MoU Helsinki antara Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada 2005 di Finlandia.

Salah satu poin yang disepakati dalam konsensus tersebut adalah pemberian hak kompensasi Dana Otonomi Khusus bagi Aceh selama 20 tahun.

Sampai saat ini Dana Otonomi Khusus Aceh sudah berjalan selama 12 tahun.

Baca: Atalarik Syach Sempat Minta Dua Anaknya Peluk dan Cium Tsania Marwa Sesaat Sebelum Berpisah

Baca: Video Detik-detik Gunung Tangkuban Perahu Meletus, Para Pengunjung pun Berlarian

Baca: KPK Ingatkan Janji Jokowi Ungkap Kasus Novel Baswedan Dalam Waktu 3 Bulan

Namun, dalam penerapannya terdapat kendala-kendala yang menghambat jalan menuju kesejahteraan rakyat Aceh yang merupakan prinsip utama dalam semangat perdamaian.

Fadhil menyebutkan, Dana Otsus Aceh hanya tersisa 8 tahun lagi, dan untuk 5 tahun terakhir hanya mendapatkan 1 persen dari plafon Dana Alokasi Umum (DAU) nasional setelah 15 tahun pertama mendapatkan alokasi anggaran 2 persen dari plafon DAU Nasional.

Artinya, kata Fadhil, dalam rentang waktu 2022-2027, Dana Otsus Aceh berkurang sebanyak 50 persen.

Presiden Joko Widodo berfoto usai melakukan sesi wawancara bersama Tribunnews.com di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi memaparkan mengenai visi pemerintahannya dalam 5 tahun ke depan kepada tim Tribunnews.com. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Presiden Joko Widodo berfoto usai melakukan sesi wawancara bersama Tribunnews.com di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi memaparkan mengenai visi pemerintahannya dalam 5 tahun ke depan kepada tim Tribunnews.com. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA (TRIBUN/DANY PERMANA)
Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved