Bappenas Sebut Pilihan Lokasi Ibu Kota Baru yang Tahu Hanya Tuhan dan Presiden Joko Widodo Saja

Pembahasan rencana pemindahan ibu kota Indonesia keluar dari Pulau Jawa semakin ramai. Satu di antaranya di Kalimantan Timur

Bappenas Sebut Pilihan Lokasi Ibu Kota Baru yang Tahu Hanya Tuhan dan Presiden Joko Widodo Saja
Tribunkaltim.co/HO Humas Setkab RI
Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat meninjau salah satu lokasi alternatif pengganti Ibu Kota Baru RI 

TRIBUNNEWS.COM, SAMARINDA – Pembahasan rencana pemindahan ibu kota Indonesia keluar dari Pulau Jawa semakin ramai. Satu di antaranya di Kalimantan Timur, mulai banyak membahas topik Ibu Kota Baru ini.

Mengingat Kalimantan Timur digadang-gadangkan menjadi calon Ibu Kota Baru bagi Indonesia. Menanggapi hal ini, Direktur Perkotaan Perumahan dan Permukiman Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas RI, Tri Dewi Virgiyanti, menjelaskan kepada Tribunkaltim.co pada Sabtu (27/7/2019).

Soal pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur belum ada kepastian sebab saat ini Bappenas masih membahas kematangan lokasi Ibu Kota Baru. Namun yang pasti, keinginan Presiden Joko Widodo, nantinya Ibu Kota Baru bukan lagi di Pulau Jawa.

Soal kunjungan Presiden Joko Widodo ke daerah calon Ibu Kota Baru beberapa hari yang lalu, belum jadi kepastian dipilih jadi tempat pemindahan ibu kota Indonesia.

Kata Virgi, kajian Bappenas belum mengerucut pada satu daerah tertentu. Bappenas menyatakan, setiap daerah yang pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo jadi calon kandidat Ibu Kota Baru masih sebatas kajian, belum penetapan.

“Semua kandidat calon Ibu Kota Baru punya kelebihan dan kelemahan, masing-masing punya plus dan minus,” tegas Virgi, yang hadir dalam Seminar Nasional Kesiapan Kalimantan Timur Menjadi Ibu Kota Baru bagi Indonesia di Lamin Etam, Kota Samarinda.

Lagi pula kata dia, saat ini Bappenas pun sedang memikirkan secara masak, karena tiap calon Ibu Kota Baru punya karakter berbeda.

Memiliki khas masing-masing, tentu saja ini sangat sulit bagi Bappenas untuk menentukan Ibu Kota Baru secara cepat.

“Tidak mudah mencari lokasi Ibu Kota Baru yang paling pas, aman. Dari yang tersedia, masih dicar-cari yang pas. Kan ada yang rawan kebakaran lahan, air tawar yang susah,” urai Virgi.

Soal ada beberapa akademisi dari perguruan tinggi negeri yang sebutkan Kalimantan Timur pas dijadikan Ibu Kota Baru bagi Indonesia.

Menurut Virgi, itu sesuatu hal yang wajar.

• Bappeda Kaltim Menilai Bappenas Telah Beri Kode, Jika Ibu Kota Baru Indonesia di Bukit Soeharto

• LPJK Kalimantan Timur Merasa Siap Tenaga Ahli dan Tenaga Kerja tuk Ibu Kota Baru Indonesia

Dirinya menilai, itu hanya bentuk rasa percaya diri tinggi dari suatu daerah calon Ibu Kota Baru.

Baca berita selengkapnya di >>>>>>>>>>

Editor: ade mayasanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved