Tinjau Wisata Salib Kasih, Jokowi Beli Jaket Ulos Rp 2,5 Juta

Jokowi melihat-lihat jaket yang dijajakan. Dia memegang satu jaket kain ulos warna merah yang kemudian dia berikan ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Tinjau Wisata Salib Kasih, Jokowi Beli Jaket Ulos Rp 2,5 Juta
Tribunnews.com/Theresia
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana berbelanja jaket ulos dan kain tenun di Lokasi Wisata Salib Kasih, Tapanuli Utara, Selasa (30/7/2019) pagi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - ‎Di sela meninjau lokasi wisata Salib Kasih di Tapanuli Utara, Selasa (30/7/2019) pagi, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tidak absen untuk berbelanja.

Mereka membeli ‎jaket tenun khas Batak langsung dari penenunnya. Tidak tanggung-tanggung, Jokowi mengeluarkan uang Rp 2,5 juta untuk memboyong jaket ulos.

Awalnya, ‎Jokowi mendapat penjelasan soal lokasi wisata ini. Terutama mengenai tokoh DR II Nommensen yang menyebarkan ajaran kristiani di wilayah tersebut.

Selanjutnya Jokowi berkeliling melihat-lihat lokasi. Terdapat patung Nommensen setinggi lebih kurang 4 meter dengan latar belakang pohon cemara.

Baca: Hakim akan Putuskan Gugatan 4 Pengamen Cipulir Korban Salah Tangkap Hari Ini

Baca: Soal Artis SS yang Heboh Akan Ditangkap karena Narkoba, Polisi Beri Keterangan Ini

Baca: Anggaran Pengelolaan Sampah di DKI Rp 3,7 Triliun, di Surabaya Rp 30 Miliar, Risma Kaget

Jokowi dan Iriana lanjut mampir ke stan tenun. Di sana ada dua orang perempuan sedang menenun kain Ulos. Terdapat juga produk tenun ulos yang sudah dibentuk menjadi jaket dan tas.

Jokowi melihat-lihat jaket yang dijajakan. Dia memegang satu jaket kain ulos warna merah yang kemudian dia berikan ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

“Ini Pak, beli. Bayar loh ya,” kata Jokowi pada Basuki.

Masih kurang puas, Jokowi kembali melihat-lihat jaket lainnya bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Jokowi kemudian memilih satu jaket tenun ulos berwarna biru.

Penenun kain ulos bernama Deborah Hasugian mengaku jaket tenun yang dibeli Jokowi tersebut jenis ulos Sibolang Rasta. Dia sendiri yang menenun kain tersebut.

“Harga jaketnya Rp 2,5 juta. Sama juga yang dibeli oleh Pak Menteri harganya juga Rp 2,5 juta,” papar Deborah.

Deborah menuturkan harga jaket itu berkisat angka jutaan karena dibuat dengan kain tenun asli. Terlebih setiap ulos di jaket itu punya makna masing-masing.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved