OJK Sudah Blokir 1.230 Fintech Sejak 2018

Tongam sendiri mengatakan bahwa saat ini terdapat 113 fintech peer-to-peer lending yang terdaftar secara resmi di OJK.

OJK Sudah Blokir 1.230 Fintech Sejak 2018
NET
Logo OJK

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memblokir sekira 1.230 perusahaan penyedia pinjaman online atau Financial Technology (Fintech) Peer-To-Peer Lending selama kurun waktu 2018-2019. 

"Secara total sejak 2018 yang telah ditangani sebanyak 1230 entitas. Data ini termasuk penanganan yang dilakukan Satgas Waspada Investasi pada 16 Juli 2019 sebanyak 143 Fintech Peer-To-Peer Lending Ilegal," ujar Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2019).

Berdasarkan data SWI, hingga saat ini jumlah Fintech Peer To-Peer Lending tidak terdaftar atau memiliki izin usaha dari OJK sesuai POJK Nomor 77/POJK.01/2016 yang berpotens i merugikan masyarakat pada tahun 2018 sebanyak 404 entitas sedangkan pada tahun 2019 sebanyak 826 entitas. 

Tongam sendiri mengatakan bahwa saat ini terdapat 113 fintech peer-to-peer lending yang terdaftar secara resmi di OJK.

Baca: Begini Jadinya Lamborghini Dipasang Mesin Motor, Suaranya Khas Banget

Sementara terkait hasil penelusuran terhadap lokasi server entitas tersebut, Tongam menyebut sebanyak 42% entitas tidak diketahui asalnya. 

Indonesia sendiri menyumbang 22 % diantaranya, 15% dari Amerika Serikat, dan sisanya dari berbagai negara lain. Namun, hal tersebut tidak menunjukkan identitas sesungguhnya dari pelaku di balik entitas tersebut.

"Walaupun Satgas Waspada lInvestasi sudah banyak menutup kegiatan Fintech Peer To-Peer Lending tanpa izin OJK, tetap saja banyak aplikasi baru yang muncul pada website dan Google Playstore atau link unduh aplikasi yang diblokir tersebut," ungkapnya. 

Baca: Cuitan TGUPP Anies Baswedan Sebut Nama Risma Bikin Geram Pemkot Surabaya

"Masih banyak yang dapat diakses melalui media lain, sehingga masyarakat diminta untuk tidak mengakses atau menggunakan aplikasi Fintech Peer-To-Peer Lending tanpa izin
OJK. Apabila ingin meminjam secara online, maka masyarakat agar melihat daftar aplikasi Fintech Peer-To-Peer Lending yang telah terdaftar di OJK pada website www.ojk.go.id," imbuh Tongam.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved