HUT Kemerdekaan RI

Makna Kepemimpinan dalam Pagelaran Wayang Kulit ''Kresno Jumeneng Ratu'' di Istana Merdeka

Dikonfirmasi apakah sosok Kresno melambangkan atau merefleksikan Presiden Jokowi? Eko menjawab diplomatis.

Makna Kepemimpinan dalam Pagelaran Wayang Kulit ''Kresno Jumeneng Ratu'' di Istana Merdeka
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Suasana Pagelaran Wayang Kulit di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019). Pagelaran wayang ini bertema 'Kresna Jumeneng Ratu'. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Pagelaran Wayang Kulit di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (2/8/2019) malam hingga Sabtu (3/8/2019) berlangsung lancar meski sempat molor karena efek gempa di Banten.

Dalang Ki Mantep Sudarsono didapuk membawakan pagelaran wayang bertema : Kresno Jumeneng Ratu. Pemilihan teman ini dipilih langsung oleh dalang senior tersebut.

"Kalau diartikan Kresno itu menjadi raja. Kresno di Mahabarata dan dalam tradisi kesustrataan Jawa adalah salah satu tipe kepemimpinan yang melindungi dan mengayomi masyarakat," tutur Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi, Kantor Staf Presiden (KSP) Eko Sulistyo.

Baca: Gempa Hari Ini: Gempa M 3,4 Guncang Madiun Pagi Ini, Kedalaman 16 Km

Masih menurut Eko, Kresno juga adalah Juru Bicara KPK Febri Diansyah damai terhadap pihak bersengketa. Sebelum menjadi raja, Kresno bernama Noroyono.

Terakhir Eko menyampaikan ada pesan khusus bagi generasi muda dalam konteks kekinian terkait pagelaran wayang kulit semalam.

"Kalau mau menjadi seorang pemimpin, harus semangat,kerja keras. Tentu juga dilandasi dengan sikap jujur, tawakal. Itu bekal dan ajaran moral yang bisa mengantarkan menjadi sosok pemimpin," imbuh Eko.

Baca: Panggilan Baru Syahrini dari Suaminya, Reino Barack Ini Isyaratkan Kehamilan Incess?

Dikonfirmasi apakah sosok Kresno melambangkan atau merefleksikan Presiden Jokowi? Eko menjawab diplomatis.

"Tidak lah, tidak semacam itu. Ini konteksnya adalah bagi siapapun khususnya generasi muda sekarang yang kemudian ingin menjadi pemimpin. Kepemimpinan Kresno bisa jadi contoh," tambahnya.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved