Mati Listrik di Ibu Kota dan Sekitarnya

Soal Listrik PLN Padam, Mabes Polri Singgung Kasus Tahun 2012

Mabes Polri menegaskan sedang menelusuri semua kemungkinan terkait penyebab gangguan pasokan listrik di wilayah Jakarta, Jawa barat, dan Banten.

Soal Listrik PLN Padam, Mabes Polri Singgung Kasus Tahun 2012
Vincentius Jyestha/Tribunnews.com
Dedi Prasetyo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri menegaskan sedang menelusuri semua kemungkinan terkait penyebab gangguan pasokan listrik di wilayah Jakarta, Jawa barat, dan Banten.

"Yang jelas untuk dicari dulu penyebabnya. Penyebabnya bisa jadi gangguan teknis, kemudian ada human error, kemudian gangguan lain," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Bareskrim Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019).

Di sisi lain, Dedi juga menyinggung gangguan serupa pada tahun 2012 silam yang pernah terjadi di pembangkit listrik Suralaya.

Baca: Licinnya AL Begal di Lampung, Lolos Usai Tertembak Polisi Hingga Jejak Buah Nanas di Perkebunan

Baca: 3 Keluarga Artis yang Mengungsi ke Hotel Saat Pemadaman Listrik di Jawa

Baca: Kasus Pembunuhan Gadis Cantik Alumni IPB Terungkap, Berikut Kronologi Lengkap Kejadiannya

Dahulu kejadian itu disebabkan adanya unsur kesengajaan atau sabotase.

Karena itu, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah tersebut mengatakan kepolisian juga akan mendalami ada tidaknya unsur kesengajaan dalam kejadian kali ini.

"Gangguan lain sedang kita dalami juga. Karena kita punya case (kasus, - red) tahun 2012 sama kejadian seperti ini juga kita blackout, ada kejadian yang kita ungkap. Ada kejadian unsur kesengajaan disitu (kasus 2012), ada orang lain, ada tindak pidana," ucapnya.

Soal pohon sengon

Direktur Bisnis Regional PLN Jawa Bagian Barat Haryanto WS tidak menjawab tegas mengenai penyebab blackout wilayah Jawa dan Bali karena pohon Sengon.

Menurutnya jaringan listrik yang mengalami gangguan memang sangat panjang dan melawati gunung, hutan, perkebunan, dan lain lain.

Halaman
1234
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved