Jokowi Sebut 3 Wilayah Ini Cocok Sebagai Calon Ibu Kota Baru, Lokasi Manakah Pilihan Presiden?

Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan bahwa ibu kota baru Republik Indonesia akan ditempatkan di Pulau Kalimantan.

Jokowi Sebut 3 Wilayah Ini Cocok Sebagai Calon Ibu Kota Baru, Lokasi Manakah Pilihan Presiden?
Tribunnews/Irwan Rismawan
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019). Ratas itu membahas rencana pemindahan Ibu Kota RI ke salah satu daerah di Kalimantan. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan bahwa ibu kota baru Republik Indonesia akan ditempatkan di Pulau Kalimantan.

Dilansir TribunJatim.com dari laman resmi setkab.go.id, Jokowi menyebut 3 wilayah yang jadi incaran lokasi calon ibu kota baru, Selasa (6/8/2019).

"Setelah ke lapangan dan mendapatkan beberapa kajian, meskipun belum selesai 100 persen, sudah semakin mengerucut," kata Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Selasa (6/8/2019).

"Pilihannya juga sudah jelas bahwa ibu kota negara akan dipindahkan ke Kalimantan. Provinsinya di mana? Ini yang harus didetailkan lagi,” ungkap Jokowi.

Untuk diketahui 3 provinsi yang disebut Presiden Jokowi diantaranya, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Untuk saat ini, Jokowi menjelaskan lokasi calon ibu kota baru tengah dikaji dan akan segera diputuskan.

"Nanti setelah dipaparkan secara detail akan segera kita putuskan," ucap Jokowi.

"Tetapi, sekali lagi, kajian-kajian yang berkaitan dengan kebencanaan semuanya harus dilihat lebih detail lagi sehingga keputusan nanti adalah keputusan yang benar dalam visi ke depan kita," sambungnya.

Senada dengan yang dikatakan Menteri Perencanaan Pemabangunan Nasional (PPN) sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

Bambang Brodjonegoro mengungkapkan dalam rapat terbatas, pihaknya telah memaparkan 3 (tiga) kandidat ibu kota yang kesemuanya berlokasi di Pulau Kalimantan, Selasa (6/8/2019) siang.

 

Halaman 2 >>>>>

Editor: Januar Adi Sagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved