Rektor UGM: Wacana Impor Rektor Asing Perlu Dipikir Matang

Menurut dia, ada banyak cara untuk memajukan pendidikan Indonesia agar berstandar dunia, selain mendatangkan rektor asing ke Indonesia.

Rektor UGM: Wacana Impor Rektor Asing Perlu Dipikir Matang
Rina Ayu/Tribunnews.com
Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono, yang ditemui di Kantor Wapres RI, Jalan Medan Merdela Utara,Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono menilai wacana pemerintah terkait impor rektor perlu dipikirkan matang-matang.

Menurut dia, ada banyak cara untuk memajukan pendidikan Indonesia agar berstandar dunia, selain mendatangkan rektor asing ke Indonesia.

Misalnya ujar dia, mengundang dosen mitra ke dalam negeri lalu mengajar mahasiswa dalam waktu tertentu

Selain itu, dosen mitra juga dapat memberikan wawasan terkait penelitian yang dapat dipublikasikan secara internasional.

Baca: Ditanya Soal Pekerjaan Suami, Jawaban Aura Kasih Tuai Perhatian

"Kalau saya tidak menjawab setuju atau tidak. Ya mari kita pikirkan masak-masak (soal rektor impor itu)," ujar Panit yang ditemui di Kantor Wapres RI, Jalan Medan Merdela Utara,Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

Ia menambahkan, ada baiknya jika pemerintah terlebih dahulu memperbaiki internal perguruan tinggi yang ada.

Panut menyebut, rata-rata dosen atau pejabat di perguruan tinggi Indonesia sering dipinjam untuk menjabat di institusi pemerintahan.

"Banyak juga dosen masih dipinjam di institusi pemerintah. Jadi itu juga mengurangi aktifitas beliau-beliau (para dosen) di bidang Tri Dharma, seperti waktu untuk meneliti itu kurang," jelas dia.

Baca: Perluasan Ganjil Genap di Jakarta Diberlakukan Mulai 9 September

Sebelumnya, wacana perekrutan dosen asing menjadi pro dan kontra di tengah masyarakat.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menegaskan perekrutan dosen dan rektor asing semata dengan tujuan meningkatkan daya saing di antara tenaga pengajar di perguruan tinggi di Indonesia sehingga meningkatkan mutu pendidikan serta sumber daya manusia.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved