Kata Bamsoet Soal Kabar Anggota DPR yang Ditangkap KPK

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, uang tersebut diduga rencananya akan diberikan untuk seorang anggota DPR RI Komisi VI.

Kata Bamsoet Soal Kabar Anggota DPR yang Ditangkap KPK
Istimewa
Bambang Soesatyo, S.E., MBA (56), Ketua DPR RI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) angkat bicara mengenai kabar adanya kembali anggota DPR yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Bamsoet tindakan tersebut sifatnya perorangan, bukan lembaga DPR RI.

"Menyampaikan bahwa jika ada anggota DPR yang terkait dalam OTT tersebut, dipastikan bahwa hal tersebut merupakan tindakan perorangan dan bukan tindakan lembaga DPR RI," kata Bamsoet melalui pesan tertulis, Kamis, (8/8/2019).

Menurutnya lembaga DPR RI tetap berkomitmen untuk mendukung KPK dalam memberantas korupsi. Hanya saja ia meminta dalam melaksanakan tugasnya, KPK harus tetap mengedepankan asas praduga tidak bersalah serta kesamaan hak di mata hukum.

"Agar tidak terjadi Trial By Press atau peradilan dengan penggunaan media yang bersifat publikasi massa untuk menggiring opini publik," pungkasnya.

Baca: Tolak Gugatan di Pileg Jabar, MK Sebut Permohonan PKS Aneh

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan 11 orang, bukti transfer Rp 2 miliar dan sejumlah mata uang asing Dollar Amerika dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) diduga terkait impor bawang putih pada Kamis (8/8/2019).

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, uang tersebut diduga rencananya akan diberikan untuk seorang anggota DPR RI Komisi VI.

"Uang tersebut diduga rencananya diberikan untuk seorang Anggota DPR-RI dari Komisi yang bertugas di bidang Perdagangan, Perindustrian, Investasi (Komisi VI)," kata Agus kepada wartawan pada Kamis (8/8/2019).

Sebelumnya, Agus mengatakan hingga pagi ini KPK telah membawa total 11 orang ke Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"11 orang terdiri dari unsur Swasta Pengusaha Importir, supir dan orang kepercayaan Anggota DPR-RI, supir dan pihak lain," kata Agus.

Baca: Masa Tua Bung Karno di Era Orde Baru, Sempat Berkelakar Kentut Pun Dianggap Berpolitik

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved