Polri Libatkan Ahli dan Pakar Usut Gangguan Listrik

Mabes Polri mengungkap bahwa pihaknya melibatkan sejumlah ahli dan pakar dalam melakukan pengusutan gangguan listrik atau blackout yang terjadi pada

Polri Libatkan Ahli dan Pakar Usut Gangguan Listrik
Vincentius Jyestha/Tribunnews.com
Brigjen Pol Dedi Prasetyo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri mengungkap bahwa pihaknya melibatkan sejumlah ahli dan pakar dalam melakukan pengusutan gangguan listrik atau blackout yang terjadi pada Minggu (4/8).

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya sendiri terdiri dari Direktorat Tindak Pidana Tertentu, Direktorat Tindak Pidana Siber, Pusat Laboratorium Forensik Polri dan INAFIS.

"Kami juga menggandeng ahli seperti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Institut Pertanian Bogor dan ahli yaitu Doktor Rizal," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2019).

Rizal sendiri dijelaskan oleh Dedi merupakan pakar kelistrikan. Yang bersangkutan lulusan S3 dari Belanda dan memiliki pengalaman kerja kelistrikan di Swedia.

Baca: Segera Dibuka, BKN Usul Harus Pilih CPNS 2019 atau P3K/PPPK, Ada Tenaga Honorer yang Diprioritaskan

Baca: Rayakan HUT RI, Maskapai Emirates Umbar Promo Terbang ke New York Cuma Rp 14 Juta

Baca: Sofyan Djalil Persilakan Polisi Tindak Oknum BPN Jika Ada yang Terlibat Mafia Tanah

Baca: Rumah Berdaya Listrik 1.300 Watt Cukup Buat Ngecas Mobil Listrik

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menyebut para pakar akan mendalami proses kelistrikan. Ia juga mengatakan tidak menutup kemungkinan dalam proses investigasi ini ditemukan bentuk pelanggarannya pidana, administrasi atau pelanggaran lain.

"Karena tidak mungkin penyebab blackout itu hanya satu faktor, tapi sangat kompleks," ungkapnya.

Lebih lanjut, jenderal bintang satu itu membenarkan adanya lompatan listrik atau flash serta adanya pohon Sengon yang terbakar.

Hal itu ditemukan saat tim Laboratorium Forensik Polri turun ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengecek tower transmisi di daerah Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa (6/8/2019) kemarin.

"Dari hasil tim labfor yang di TKP, yang di unit pembagian beban Ungaran itu sudah diteliti. Dugaan sementara ada flash, betul, kemudian ada loncatan listrik itu betul, kemudian pohon yang terbakar itu betul," tandasnya. 

Halaman
123
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved