Kabinet Jokowi

Inikah Posisi Menteri yang Diincar PDI Perjuangan?

Masinton menyebut PDIP layak kembali mengisi kursi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. PDIP juga mengincar kursi Menteri Pertanian

Inikah Posisi Menteri yang Diincar PDI Perjuangan?
Kompastv
Presiden Jokowi di Kongres V PDIP di Bali, Kamis (8/8/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, SANUR - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Masinton Pasaribu menyebut partainya mengincar kursi Menteri Pertanian serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Masinton mengatakan, PDI-P pantas menduduki kedua kursi tersebut karena konstituen PDI-P umumnya berasal dari desa dan bekerja di sektor pertanian.

"Kalau kami sih berharap protofolio pertanian pedesaan itu (jatahnya) PDI Perjuangan karena di situ banyak konstituennya," kata Masinton di Sanur, Jumat (9/8/2019).

Masinton juga menyebut PDI-P layak kembali mengisi kursi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia karena menurutnya Yasonna Laoly berkinerja baik selama menjabat sebagai Menkumham.

Namun, Masinton menegaskan bahwa pemilihan menteri beserta jumlahnya merupakan hak prerogatif presiden terpilih, Joko Widodo.

Baca: Curhatan Megawati di Kongres V PDIP: Jengkel dengan Posko Prabowo di Jateng Hingga Jatah Menteri

Baca: Sindiran-sindiran Megawati dalam Pidato Politik Kongres PDIP di Bali

"Kalau nambah kan tinggal ditambah saja. Nambah itu kan tergantung presiden nanti nambahnya berapa, ya komposisinya siapa," ujar Masinton.

Sebelumnya, politikus PDI-P Puan Maharani menyebut partainya telah menyiapkan lebih dari sepuluh nama calon menteri untuk diserahkan kepada Jokowi.

Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu saat menjadi pembicara dalam diskusi “KPK di Persimpangan Jalan” yang digelar Vox Point Indonesia di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (5/7/2019).
Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu 

Baca: Reaksi Spontan Prabowo Subianto Saat Megawati Memintanya Mendekat

Baca: Hasto Siap Jika Megawati Menunjuk Dirinya Kembali Jadi Sekjen PDIP

Puan mengatakan, nama-nama tersebut sudah dibahas dalam internal partai dan telah dikantongi oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

"Ya lebih dari 10 lah. Kan kemarin Presiden bilang bahwa inin s Allah PDI-P akan mendapatkan posisi lebih banyak karena memang suaranya lebih banyak dan merupakan partai pemenang pemilu," ujar Puan di lokasi Kongres V PDI-P, Hotel Grand Inna Bali Beach, Bali.

Baca: Bukan Hanya Gabung, Gerindra Akan Berkoalisi Lagi Dengan PDIP Pada 2024

Baca: 10 Nama Calon Menteri Diajukan PDIP, Jokowi Pastikan Ada Jatah Menteri dari Bali

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masinton Sebut PDI-P Incar Menteri Bidang Pertanian dan Pedesaan"

Halaman
1234
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved