Menlu Retno: Diaspora Bertalenta Tinggi Harus Kita Beri Dukungan

Pemerintah mengakui pentingnya diaspora dalam upaya membangun perekonomian Indonesia untuk menghadapi era revolusi industri 4.0

Menlu Retno: Diaspora Bertalenta Tinggi Harus Kita Beri Dukungan
Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Acara Kongres Diaspora Indonesia Ke-5 (The Fifth Congress of Indonesian Diaspora), yang digelar di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah mengakui pentingnya diaspora dalam upaya membangun perekonomian Indonesia untuk menghadapi era revolusi industri 4.0.

Seperti yang disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberikan pidatonya dalam pembukaan Kongres Diaspora Indonesia Ke-5 (The Fifth Congress of Indonesian Diaspora) yang digelar di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8/2019).

Retno mengulang apa yang telah dipaparkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam 'Visi Indonesia' beberapa waktu lalu, terkait visi Jokowi untuk pemerintahannya pada periode kedua.

Yakni terkait visi mengenai pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Apa yang disampaikan Presiden Jokowi, kata Retno, merupakan sebuah 'panggilan' bagi para diaspora untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas SDM.

Baca: Idul Adha Saatnya Makan Masakan Bersantan, Tapi Tetap Waspadai 5 Bahaya Ini!

Baca: 5 Panduan Liburan ke Korea Selatan untuk Pemula, Coba Kuliner Lokalnya

Baca: Hasil Akhir Borneo FC vs PSM Makassar di Liga 1: Brace Terens Puhuri Bawa Pesut Etam Menang

Karena SDM merupakan kunci keberhasilan bangsa ini di masa mendatang.

"Pada 14 Juli 2019 lalu pak Jokowi menyebut kata 'diaspora', saat beliau menyebut visi kedua yaitu pengembangan SDM, (karena) pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia ke depan," ujar Retno, pada kesempatan tersebut.

Di hadapan para diaspora yang hadir, mantan Duta Besar RI untuk Belanda itu menegaskan bahwa merujuk pada pentingnya diaspora untuk pembangunan bangsa, maka pemerintah akan terus memberikan dukungan penuh kepada mereka.

Khususnya kepada para diaspora yang memiliki talenta besar dalam berbagai bidang.

Halaman
123
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved