Toleransi Pemeluk Beragama, Berbagai Tempat Parkir Hingga Mundurkan Jadwal Pelaksanaan Ibadah

Berdasarkan pemantauan, ratusan kendaraan bermotor, roda dua dan roda empat, diparkir di sekitar dan tempat parkir Gereja Katedral

Toleransi Pemeluk Beragama, Berbagai Tempat Parkir Hingga Mundurkan Jadwal Pelaksanaan Ibadah
Kompas Images
Lanskap Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, dan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Senin (28/7/2014).(KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO-RODERICK ADRIAN MOZES) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Toleransi antar umat beragama diperlihatkan jamaah Masjid Istiqlal dan jemaat Gereja Katedral, Jakarta Pusat.

Pada Minggu (11/8/2019) ini, pemeluk agama islam dan agama kristen katolik menunaikan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing di kedua tempat ibadah itu.

Hari Minggu ini bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah. Sebagian umat beragama islam menunaikan ibadah Shalat Ied di Masjid Istiqlal.

Setelah menunaikan ibadah Shalat Ied, pihak pengelola Masjid Istiqlal menjadwalkan pemotongan hewan kurban mulai pukul 10.00 WIB.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, mengatakan perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah bertepatan dengan tahapan renovasi di masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

"Suasana Idul Adha, Masjid Istiqlal  sedang renovasi besar-besaran. Ini pertama direnovasi paling besar sepanjang sejarah Istiqlal," kata dia, ditemui di Masjid Istiqlal.

Upaya renovasi itu membuat pintu bagian timur Masjid Istiqlal ditutup menggunakan seng berwarna putih.

Sementara itu, sejumlah alat berat seperti crane tampak melakukan pengerjaan renovasi besar-besaran yang dilakukan pemerintah untuk menyegarkan tampilan masjid berusia 41 tahun tersebut.

Rencananya perbaikan masjid yang memakan biaya Rp 465 milyar tersebut bakal rampung tahun 2020. Adanya renovasi itu membuat terbatasnya lahan parkir kendaraan di area Masjid Istiqlal.

Halaman
12
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved