Tak Dipimpin Kepala Daerah, ‎Mendagri Tjahjo Sebut Ibu Kota Baru Tidak Ada Pilkada

Tjahjo mengaku sejauh ini terus mengikuti rapat persiapan pemindahan ibu kota yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Tak Dipimpin Kepala Daerah, ‎Mendagri Tjahjo Sebut Ibu Kota Baru Tidak Ada Pilkada
Theresia Felisiani/Tribunnews.com
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat ditemui di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan berdasarkan pembahasan awal ibu kota negara baru pengganti DKI Jakarta nantinya tidak bakal ada pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Alhasil ibu kota baru itu tak akan dipimpin oleh kepala daerah, baik itu gubernur, bupati, maupun wali kota.

"Setau saya enggak ada (penyelenggaraan Pilkada)," tegas Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/8/2019).

Tjahjo mengaku sejauh ini terus mengikuti rapat persiapan pemindahan ibu kota yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Menuru dia, secara prinsip ibu kota baru nanti bukan merupakan daerah otonomi baru. Dia juga berujar ‎ibu kota baru kemungkinan menjadi wilayah administratif sendiri, seperti Putrajaya yang menjadi pusat administrasi Malaysia.

"Ya (menjadi wilayah) khusus, ya kaya Putrajaya lah di Malaysia," imbuhnya.

Baca: Empat Rekomendasi Teknologi Keamanan Canggih untuk Ibu Kota Baru dari ATISI

Disinggung status Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) yang melekat pada Jakarta akan hilang setelah ada ibu kota negara yang baru, Tjahjo menjawab menunggu penjelasan dari Bappenas.

"Kami enggak bicara soal itu, dibedakan mengenai pemerintahan dengan pusat perekonomian, pusat pemerintahan. Tunggu rilisnya dari Bappenas," singkatnya.

Diketahui ‎Presiden Jokowi sudah memastikan lokasi ibu kota negara baru yang akan menggantikan DKI Jakarta adalah salah satu provinsi di Pulau Kalimantan. Pilihannya antara lain Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Nantinya pengumuman mana lokasi yang dipilih bakal diumumkan sendiri oleh Presiden Jokowi dalam bulan ini, Agustus 2019.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved