Untuk Pastikan Bajakah Ampuh Melawan Kanker Ganas Harus Dilakukan Uji Klinis

iralnya tumbuhan ini setelah dua siswi SMA Palangka Raya meraih medali emas dalam kompetisi sains di Korea Selatan.

Untuk Pastikan Bajakah Ampuh Melawan Kanker Ganas Harus Dilakukan Uji Klinis
IST
Tanaman bajakah yang tumbuh di pedalaman hutan Kalimantan Tengah. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Belakangan sedang viral tumbuhan Bajakah khas Kalimantan Tengah yang dikatakan bisa menyembuhkan sakit kanker payudara. Viralnya tumbuhan ini setelah dua siswi SMA Palangka Raya meraih medali emas dalam kompetisi sains di Korea Selatan.

Keduanya disebut menemukan khasiat menyembuhkan kanker pada bubuk tanaman bajakah setelah berhasil diujicobakan pada tikus.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof Dr dr Aru Sudoyo, berpendapat, untuk memastikan bajakah ampuh sebagai obat penyembuh kanker, dibutuhkan lebih dari sekadar uji coba terhadap tikus.

"Karena ujicoba terhadap tikus dan manusia itu berbeda," kata Prof Aru.

Dia menambahkan, obat yang dipastikan bisa menyembuhkan kanker manusia itu haruslah berhasil melewati beberapa fase uji klinis terhadap manusia terlebih dulu.

Dilansir dari situs resmi Cancer Research UK, 13 Ferbuari 2019; berikut adalah lima fase dari uji klinis obat untuk kanker pada manusia.

Fase 0

Pada fase ini, ujicoba dilakukan pada sekelompok kecil partisipan, biasanya sekitar 10-20 orang, dengan banyak tipe kanker.

Tes ini mengujikan calon obat dalam dosis yang rendah untuk mengecek apakah berbahaya atau tidak. Pada fase ini, penelitian tidak perlu dilakukan secara acak atau partisipannya dikelompokkan secara acak.

Fase 1

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved