Ajak 100 UMKM di Bali, #DengarYangMuda Dorong Pengelolaan Sampah yang Inovatif

"Permasalahan sampah berdampak tidak hanya kepada isu kesehatan, pariwisata dan perekonomian tetapi juga harga diri kita sebagai sebuah bangsa."

Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Diaz Hendropriyono saat menjadi pembicara dihadapan kaum milenial acara bertajuk -Dengar yang Muda- di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2019). Kegiatan yang memasuki seri ke-12 mengangkat sektor UMKM. (WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA) 

TRIBUNNEWS.COM - Acara Talkshow #DengarYangMuda seri ke-16 yang digagas Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono digelar di Sanur, Bali.

Acara tersebut terinspirasi oleh pergerakan progresif masyarakat di pulau Bali lewat visi serta aksi nyata untuk menjadikan Bali sebagai wilayah terdepan dalam isu penanganan sampah. 

Sebagai pembicara kunci, Diaz Hendropriyono menegaskan, permasalahan sampah dapat menghambat Indonesia untuk mencapai cita-cita pendiri bangsa  menjadi bangsa yang maju.

Baca Juga: Ketua umum parpol koalisi dan tokoh bangsa dijadwalkan hadiri acara syukuran Jokowi

"Permasalahan sampah berdampak tidak hanya kepada isu kesehatan, pariwisata dan perekonomian tetapi juga harga diri kita sebagai sebuah bangsa, untuk itu lah #DengarYangMuda ingin mendengar dari pemuda Bali bagaimana mereka menangani isu sampah agar bisa ditiru oleh kota-kota lain, " ujar Diaz Hendro Priyono dalam keterangannya, Kamis (15/8/2019).

Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, dalam kata sambutannya menjelaskan, meskipun keluhan dari masyarakat sudah banyak namun pemerintah tidak bisa terburu-buru karena pengelolaan sampah membutuhkan pembangunan ekosistem sehingga pengelolaan sampah dapat berkelanjutan.

Kota Denpasar sendiri telah berhasil menurunkan penggunaan kantong plastik hingga 99,60% dalam waktu kurang dari 1 tahun.

Baca Juga: Kecantikan Danau Toba memikat hati wisatawan milenial

Acara Talkshow diisi oleh 4 narasumber, yaitu (1) Komang Sudiarta – Komunitas Malu Dong; (2) Pande Gede Bayu Antariksa – Pengusaha Pariwisata; (3) Jeff Kristianto – BEDO, dan (4) I Gde Ngurah Widiadnyana – Somia Design.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Bazaar dan pameran UMKM binaan, Workshop Upcycling dan presentasi peserta olah limbah kreasi atau Olikasi

Halaman
123
Berita Populer
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved