F-16 Viper, Pesawat Tempur Canggih Incaran Indonesia

Patut diakui Indonesia sedang membutuhkan tambahan jet tempur untuk TNI AU. Penambahan burung besi penjaga ruang udara Indonesia ini mutlak diperlukan

F-16 Viper, Pesawat Tempur Canggih Incaran Indonesia
Puspen TNI/Kolonel Laut (KH) H. Agus Cahyono
Empat pesawat tempur F-16 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) berhasil mengejar dan menghancurkan empat pesawat asing jenis Hawk yang memasuki wilayah udara yurisdiksi nasional Indonesia secara illegal dan tanpa izin di atas perairan Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (4/5/2018). Kejadian tersebut diatas bagian dari skenario hari terakhir Latihan Hanud ?Perkasa A Tahun 2018? yang dilaksanakan oleh Kohanudnas di Lanud Raden Sadjad Ranai, Natuna. (PUSPEN TNI)

TRIBUNNEWS.COM - Patut diakui Indonesia sedang membutuhkan tambahan jet tempur untuk TNI AU.

Penambahan burung besi penjaga ruang udara Indonesia ini mutlak diperlukan.

Sebab, semakin menghangatnya situasi politik di Laut China Selatan (LCS) perlu ditanggapi dengan serius walau Indonesia tak ada kepentingan disana.

Memang Indonesia sudah memesan Sukhoi Su-35 dari Rusia.

Namun pengadaan jet tempur tersebut masih berjalan dan si Flanker belum juga menampakan batang hidungnya alias belum dikirim ke Indonesia.

Su-35 diproyeksikan jadi Heavy Fighter alias penempur kelas berat TNI AU, jikalau kelas Medium Fighter maka pilihannya beda lagi

Dikutip dari National Interest, Rabu (15/8/2019) Lockheed Martin selaku developer F-16, beberapa waktu lalu sudah merilis sebuah gambar di mana mereka menawarkan F-16 Block 70/72 Viper untuk TNI AU.

Wajar rasanya jika Indonesia mengincar jet tempur ini lantaran populasi F-16 yang banyak dan menjadi tulang punggung TNI AU.

Baca Selengkapnya

Penulis: Grid Network
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved