Pemindahan Ibu Kota Negara

Keputusan Lokasi Pemindahan Ibu Kota Diumumkan 16 Agustus?

Presiden Jokowi sendiri sejak beberapa waktu lalu berjanji bakal menyampaikan lokasi pemindahan ibu kota pada Agustus 2019.

Keputusan Lokasi Pemindahan Ibu Kota Diumumkan 16 Agustus?
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Suasana salah satu sudut Tahura Bukit Soeharto Kelurahan Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kukar, Rabu (31/7). Lokasi yang berdekatan proyek jalan tol Seksi 2 Balikpapan Samarinda di KM 45 ini pernah ditinjau Presiden Joko Widodo saat mencari kandidat ibu kota baru. Di kawasan ini juga ditemui beberapa penanda geospasial dari Badan Informasi Geospasial RI. TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengaku belum memastikan kapan Presiden Jokowi bakal mengumumkan provinsi di Kalimantan yang akan dipilih menjadi Ibu Kota baru menggantikan DKI Jakarta.

"Apakah dalam tempo yang sangat singkat ini sesuai dengan harapan nanti, kita lihat. Tapi ya sudah lihat saja," singkat Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/8/2019) kemarin.

Diketahui santer beredar kabar ‎Jokowi akan mengumumkan lokasi pemindahan Ibu Kota pada 16 Agustus saat pidato kenegaraan di gedung MPR/DPR.

Terkait kabar itu Moeldoko menegaskan pihaknya masih diberikan tugas untuk menganalisa lebih dalam sebelum memutuskan lokasi Ibu Kota baru.

Baca: Berulang Tahun di Hari Kemerdekaan RI, 5 Selebritis Ini Lahir di Tanggal 17 Agustus

Baca: Viral Mobil PSI Parkir di Atas Trotoar di Depan kantor PSI, Dishub DKI Berikan Teguran

Baca: Mahasiswi Cantik Asal Jepang 20 Tahun Menghilang, Keluarga Tak Berhenti Mencari

Baca: Penonton Ngamuk Saat Konser Lany di Jakarta Batal, Sosok Pahlawan Ini Curi Perhatian

"Sepertinya dalam rapat terakhir dengan tim, masih diberi tugas lagi untuk memberikan, menganalisa lebih dalam lagi," imbuhnya.

Sebelumnya, saat bertemu pimpinan media massa di Istana Merdeka pada Rabu (14/8/2019), jokowi mengungkap rencana menyampaikan informasi pemindahan ibu kota tergantung dari kesiapan Bappenas.

"Kita tunggu saja hari-hari ini Bappenas menangani hal itu," singkat Jokowi.

Presiden Jokowi sendiri sejak beberapa waktu lalu berjanji bakal menyampaikan lokasi pemindahan ibu kota pada Agustus 2019.

Hingga kini, Jokowi belum juga memberikan informasi terkait rencana pemindahan ibu kota baru.

Jokowi hanya menyebut, ibu kota akan dipindah ke Kalimantan tanpa menyebut lokasi detail.

Sebelumnya dalam Ratas soal pemindahan Ibu Kota, Jokowi sudah meminta para menteri pembantunya untuk menyediakan anggaran hingga belajar dari negara-negara lain yang sukses memindahkan ibu kota.
 

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved