Mendagri Tidak Masalah Wacana PNS Kerja dari Rumah, Tak Perlu ke Kantor

Menurut dia, kebijakan itu bisa dilakukan asal tak mengganggu pelayanan kepada masyarakat dan jalannya birokrasi.

Mendagri Tidak Masalah Wacana PNS Kerja dari Rumah, Tak Perlu ke Kantor
Rizal Bomantama/Tribunnews.com
Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menpan-RB Syafrudin usai membuka rapat koordinasi perekrutan ASN di Gedung Bidakara, Jaksel, Selasa (30/7/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tak mempermasalahkan wacana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk memperbolehkan aparatur sipil negara (ASN) bekerja dari rumah.

Menurut dia, kebijakan itu bisa dilakukan asal tak mengganggu pelayanan kepada masyarakat dan jalannya birokrasi.

“Dari saya tidak masalah, yang penting pelayanan kepada masyarakat dan birokrasi tidak terganggu,” ungkap Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2019).

Tjahjo yakin Kemenpan-RB sudah melakukan kajian secara komprehensif sebelum melontarkan sebuah wacana atau pun sebuah kebijakan.

“Kemenpan-RB sebagai pihak yang mengusulkan tentu telah melakukan pengkajian yang baik serta telaah yang komprehensif tentang hal tersebut,” pungkas Tjahjo.

Ide awal

Seperti dikutip dari Kompas.com, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengaku sedang membuat rencana agar PNS bisa kerja dari rumah.

Baca: PNS yang Mempunyai Jabatan Fungsional Kataloger akan Dapat Tunjangan, Segini Besarannya

Baca: AWAS Hoaks Pesan Berantai CPNS 2019 Buka 150 Ribu Lowongan Oktober Nanti, Ini Penjelasan Resmi BKN

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi SDM Aparatur Kemenpan RB Setiawan Wangsaatmaja saat menjadi pembicara dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 tentang Evaluasi Reformasi Birokrasi.

"Ciri-ciri ASN 4.0 itu lebih jeli lebih akurat, lebih cepat nanti ada fleksibilitas dalam kerja," ujarnya di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

"Kami sedang rencanakan itu, kerja dari rumah bisa, kerja dari ujung saja juga bisa, nanti diatur bagaimana aturannya," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved