Presiden Jokowi Kukuhkan 68 Anggota Paskibraka di Istana Negara

Presiden Jokowi mengukuhkan 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berasal dari 34 provinsi se-Indonesia,

Presiden Jokowi Kukuhkan 68 Anggota Paskibraka di Istana Negara
Theresia Felisiani
Presiden Jokowi foto bersama dengan 68 anggota paskibraka usai upacara pengukuhan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/8/2019) sore. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Jokowi mengukuhkan 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berasal dari 34 provinsi se-Indonesia, pada Kamis (15/8/2019) sore di Istana Negara, Jakarta.

Pasukan inilah yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 di Istana Negara pada Sabtu (17/8/2019) pagi.

Pantauan Tribunnews.com pengukuhan ‎ditandai dengan pengucapan ikrar Pemuda Indonesia di hadapan bendera merah putih.

I Dewa Agung Ayu Alamanda Diastari perwakilan ‎Paskibraka dari Provinsi Bali didapuk menjadi perwakilan pengukuhan.

"Bersediakah saudara-saudari mengucapkan ikrar di hadapan Bendera Merah Putih?," tanya Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asroorun Ni'am Sholeh.

Baca: Memadukan Budaya Bali Mengantarkan Manda Lolos Sebagai Paskibraka Nasional

Baca: Kisah Inspiratif Anak Sopir Truk dari Mamasa Terpilih Jadi Paskibraka di Istana

"Siap bersedia," jawab seluruh pasukan Paskibraka dengan suara lantang. Dalam ikrarnya, mereka berjanji menjunjung tinggi persatuan dan taat terhadap konstitusi.

Sebagai tanda pengukuhan secara simbolis, Jokowi menyematkan lencana dan memasang kendit pada Alamanda. Anggota lainnya mengikuti dengan mengenakan lencana dan kendit masing-masing.

Kemudian Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asroorun Ni'am Sholeh‎ meminta Alamanda mencium bendera merah putih sambil diiringi lagu padamu negeri.

Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2019 berlatih baris berbaris saat mengikuti Diklat Paskibaraka Nasional 2019 di Cibubur, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Sebanyak 68 siswa yang menjadi anggota Paskibraka terus menjalani pelatihan yang diperisapkan untuk mengibarkan bendera pusaka di hari peringatan kemerdekaan RI 17 Agustus 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2019 berlatih baris berbaris saat mengikuti Diklat Paskibaraka Nasional 2019 di Cibubur, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Sebanyak 68 siswa yang menjadi anggota Paskibraka terus menjalani pelatihan yang diperisapkan untuk mengibarkan bendera pusaka di hari peringatan kemerdekaan RI 17 Agustus 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai pasukan pengibar bendera pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2019," ujar Jokowi saat mengukuhkan Paskibraka di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2019).

‎Mantan Wali Kota Solo ini berharap para pengibar sang saka merah putih ini dapat mengemban tugasnya dengan baik saat pelaksanaan nanti.

‎"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara," tambah Jokowi.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved