Pidato Kenegaraan

Jokowi Bakal Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan, Sandiaga: Belum Prioritas

Presiden Jokowi meminta izin kepada anggota dewan untuk memindahkan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan.

Jokowi Bakal Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan, Sandiaga: Belum Prioritas
Reza Deni
Sandiaga Uno 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kontestan Cawapres 2019 Sandiaga Uno menilai pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan yang disebutkan Presiden Jokowi dalam pidatonya masih belum prioritas.

Eks Wagub Jakarta itu mengatakan, banyak aspek yang harus dipertimbangkan.

"Kita harus pelajari secara seksama usulan pemindahan ibu kota pada saat ekonomi yang memberatkan. Kita harus melihat dampak kepada taraf hidup rakyat baik yang ada di Jakarta ataupun di wilayah lain, termasuk di pulau Kalimantan," kata Sandi saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019).

Indonesia, dikatakan Sandi, harus belajar dari negara-negara di dunia soal pemindahan ibu kota ini.

Pasalnya, ada negara yang gagal dalam pemindahan ibu kota, begitu juga sebaliknya.

"Dampaknya pasti besar dan kita harus belajar dari kesuksesan dan kegagalan dari pemindahan ibu kota di negara-negara lain," ujarnya

Sandi sendiri masih berhati-hati apakah dirinya setuju atau tidak setuju soal pemindahan ibu kota tersebut.

Perlu ada kajian mendalam, terutama di sisi biaya.

"Kita tidak ingin bilang setuju atau tidak setuju. Pelajari dulu, karena ini jumlah biaya berapa, dananya dari apa, dan dampak kepada lapangan kerja dan harga-harga bahan pokok seperti apa. Kita khawatir harga properti naik semua di Kalimantan dan biaya hidup menjadi fokus kita ke depan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi meminta izin kepada anggota dewan untuk memindahkan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan.

Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri acara Sidang Tahunan MPR tahun 2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019). Sidang tersebut beragendakan penyampaian pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo. Tribunnews/Jeprima
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri acara Sidang Tahunan MPR tahun 2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019). Sidang tersebut beragendakan penyampaian pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)
Halaman
12
Penulis: Reza Deni
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved