Politisi Golkar Soroti Permintaan Jokowi Agar DPD Ikut Kontrol Dana Desa Semakin Besar

Jokowi meminta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) turut serta mengontrol dana desa yang turun ke daerah agar semakin hari semakin besar.

Politisi Golkar Soroti Permintaan Jokowi Agar DPD Ikut Kontrol Dana Desa Semakin Besar
Kompas.com
Presiden Joko Widodo memberi hormat sebelum menyampaikan pidato 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politisi Partai Golkar, Fadel Muhammad, menyoroti beberapa permintaan Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (16/8).

Dalam sidang itu, Jokowi meminta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) turut serta mengontrol dana desa yang turun ke daerah agar semakin hari semakin besar.

"Artinya peran DPD ke depan diminta beliau (Jokowi) lebih besar untuk mengontrol peran daripada dana desa. Ketika saya Ketua Komisi 11, saya sudah bikin dana desa, tiap hari kami naikkan tiap hari makin besar," ujar Fadel, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019).

Selain itu, mantan Menko Kemaritiman era SBY tersebut juga menyoroti apresiasi yang diberikan Jokowi kepada pemerintah-pemerintah daerah yang laporan keuangannya wajar.

Baca: Presiden Jokowi Apresiasi MPR Gelar Survei Seputar Kinerja Pemerintah

Menurutnya, hal itu dikarenakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu concern pada peristiwa lima tahun lalu dimana 380 pemda diketahui terlibat korupsi dan ditangkap. Sehingga, kata dia, Jokowi memberikan apresiasi khusus tersebut.

"Dan dulu di Gorontalo ketika saya pimpinan (sebagai Gubernur), jadi percontohan nasional soal keuangan daerah. Dia minta agar keuangan diperhatikan," kata dia.

"Yang menarik beliau juga merasa lima tahun ke depan ini sesuatu yang harus dikembangkan adalah SDM tapi di daerah. Dengan demikian daerah maju dan nasional akan kuat," tandas Fadel.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved