HUT Kemerdekaan RI

Ketua DPR Pesan Bangsa Indonesia Harus Bangun SDM Unggul

Bendahara Umum DPP Partai Golkar 2014-2016 ini bersyukur Bangsa Indonesia memiliki ideologi Pancasila.

Ketua DPR Pesan Bangsa Indonesia Harus Bangun SDM Unggul
THE JAKARTA POST/WENDRA AJISTYATAMA
Presiden Joko Widodo didampingi ketua DPR Bambang Soesatyo (kiri) tiba di gedung Nusantara I untuk mengikuti Sidang tahunan, MPR, DPR, DPD, 2019 di Komplek Parlemen Senayan, Jumat (16/8/2019). THE JAKARTA POST/WENDRA AJISTYATAMA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menegaskan di usia ke-74 tahun, Bangsa Indonesia harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul dalam sikap dan mental.

Selain itu, Bamsoet juga berpesan agar masyarakat adaptif terhadap perkembangan ilmu teknologi tanpa mengabaikan kearifan budaya nasional sehingga Indonesia semakin kuat dan berdaulat.

"Kita patut bersyukur tak perlu menunggu waktu lama untuk mengibarkan bendara Merah Putih. Tidak seperti para pejuang dan founding father yang butuh waktu ratusan tahun menghadapi penjajah. Rasa syukur itu harus diwujudkan dalam karya nyata. Salah satunya dengan menjadi manusia yang berbudaya dan beradab, unggul berkualitas," ujar Bamsoet usai mengikuti upacara Proklamasi 17 Agustus di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (17/08/19).

Dalam upacara tersebut bertindak sebagai inspektur Upacara Presiden Joko Widodo. Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo sebagai komandan upacara, Brigadir Jenderal TNI Syafruddin sebagai perwira upacara dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang membacakan Teks Proklamasi.

Baca: Satpol PP Usir Nelayan dari Pulau Reklamasi, Anies Baswedan: Yang Berani Usir, Kami Usir Balik!

Baca: Beda Gaya Komandan Paspampres vs Ajudan Jokowi di HUT ke-74 RI

Baca: Alasan SBY Tak Hadiri Upacara HUT Ke-74 RI di Istana Merdeka

Bendahara Umum DPP Partai Golkar 2014-2016 ini bersyukur Bangsa Indonesia memiliki ideologi Pancasila.

Selama 74 tahun merdeka, Pancasila terbukti mampu menangkal gejolak perang saudara maupun perpecahan mendalam diantara sesama anak bangsa.

"Bahkan pada Pemilu 2019 lalu, ditengah gejolak dan serangan ideologi transnasional, Pancasila mampu menyelamatkan anak bangsa dari pertikaian yang berkepanjangan. Nilai-nilai Pancasila inilah yang harus kembali disebarluaskan serta ditanamkan dalam diri seluruh rakyat Indonesia," tutur Bamsoet.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menjelaskan, bagi Indonesia, manusia adalah aset yang tidak ternilai harganya.

Tidak seperti Jepang maupun negara lainnya yang saat ini tengah menghadapi krisis demografi, Indonesia justru diuntungkan dengan bonus demografi yang semakin meningkat.

"Kita berikan apresiasi terhadap visi Presiden Joko Widodo dalam pembangunan sumber daya manusia. Sangat relevan dengan kondisi Indonesia yang akan menghadapi bonus demografi pada periode awal 2020-2030, dilanjutkan 2030-2040.

Halaman
12
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved