Peringati HUT Ke-74 RI, Menhub Ajak SDM Transportasi Tingkatkan Kualitas Diri dan Cintai Tanah Air

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak seluruh SDM Transportasi dan para insan transportasi untu senantiasa meningkatkan kualitas

Peringati HUT Ke-74 RI, Menhub Ajak SDM Transportasi Tingkatkan Kualitas Diri dan Cintai Tanah Air
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak seluruh SDM Transportasi dan para insan transportasi untu senantiasa meningkatkan kualitas diri dan mencintai tanah air Indonesia. Demikian disampaikan Menhub saat memimpun upacara memperingati Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia bertema “SDM Unggul, Indonesia Maju”, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Sabtu (17/8).

“Saya berharap, sebagai insan perhubungan, kita harus selalu bersemangat dan optimis untuk meningkatkan potensi kita sebagai sumber daya manusia di bidang transportasi,” jelas Menhub

Menhub mengungkapkan, kualitas SDM Transportasi mencerminkan wajah keunggulan sebuah bangsa. Transportasi sebagai kebutuhan dasar yang menggerakkan sektor-sektor strategis lainnya.

“Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM insan perhubungan berjalan sinergis dengan pembangunan dan kemajuan negara,” jelas Menhub Budi.

Menhub menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan akan terus berkomitmen untuk menyiapkan SDM transportasi yang siap menghadapi tantangan global maupun industry 4.0. Sudah saatnya bekerja keras bersama membangun SDM yang postif, baik secara moral maupun fisik dan berkualitas.

Lebih lanjut, Momentum Hari Ulang Tahun ke – 74 Republik Indonesia ini sebagai pembuka memasuki Hari Perhubungan Nasional (HARHUBNAS) satu bulan kedepan. Menhub Budi mengimbau agar seluruh jajaran yang menangani transportasi baik di pusat maupun di daerah agar melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bernilai Persatuan dan Kesatuan, Kerjasama, Kemanusiaan, sebagai wujud nyata bahwa seluruh insan transportasi mencintai Tanah Air Indonesia.

Salah satu wujud cinta tanah air, lanjut Menhub yaitu Kementerian Perhubungan akan merancang Keputusan Menteri tentang berpakaian adat untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Selanjutnya saya akan membuat Keputusan Menteri (KM) nanti satu hari ada kita berbusana daerah, yang wanita pakai baju kebaya dan yang laki-laki pakaian daerah tapi tidak usah terlalu compicated. Misalnya, kita akan lakukan setiap hari selasa. Tapi nanti kita akan matangkan kembali,”ujar Menhub Budi.

Tujuan dibuatnya Keputusan Menteri tersebut agar seluruh insan perhubungan dan masyarakat sadar dengan keragaman suku bangsa, bahasa dan budaya yang ada di Indonesia.

“Ini kan penuh keragaman, kadang-kadang kita lupa kalau kita ini satu negara yang banyak pulau, suku bangsa, Bahasa yang harus dipersatukan dan kita tidak boleh lengah. Jadi dengan kita berpakaian itu secara tidak langsung secara visual kita ingat bagaimana keragaman kita,”tutur Menhub Budi.

Dalam upacara tersebut Menhub beserta jajaran di lingkungan Kemenhub menggunakan baju adat dari berbagai daerah di wilayah Indonesia. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Jenderal Djoko Sasono, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti, Dirjen Perkeretaapian Zulfukri, Kepala BPSDM Umiyatun Tri Hastuti, Kepala Balitbang Sugihardjo, Kepala BPTJ Bambang Prihartono, Inspektur Jenderal Wahju Satrio Utomo, dan segenap ASN di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Editor: FX Ismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved