Pemindahan Ibu Kota Negara

Jokowi Akan Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan, Anggota DPR: Langkah Brilian

Andreas Hugo Pareira mendukung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan

Jokowi Akan Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan, Anggota DPR: Langkah Brilian
Tribunnews/JEPRIMA
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Sasak NTB saat menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Bersama DPR dan DPD RI Tahun 2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019). Pada pidatonya tersebut Jokowi menyampaikan izinnya untuk memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pareira mendukung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan.

"Keputusan memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan yang sudah diumumkan Presiden Jokowi dalam pidato di depan sidang paripurna gabungan DPR dan DPD adalah langkah brilian dengan argumentasi pertimbangan-pertimbangan yang visioner," ujar Andreas, Minggu (18/8/2019).

Jokowi juga, menurut dia, merealisasikan rencana Presiden pertama RI Soekarno yang saat itu ingin memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan.

"Kalau dulu Presiden Soekarno merencanakan dan belum sempat dilaksanakan, Jokowi akan mewujudkan rencana ini," jelas Andreas Pareira.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pemindahan Ibu Kota negara ini akan berdampak pada pemerataan pembangunan ke luar Jawa.

Baca: Selain Cinta Laura dan Doyok, 4 Selebritis Ini Lahir Pada 17 Agustus Sama Seperti HUT RI ke-74!

Baca: TUFT Perkenalkan Catokan Curly Bar, Tanpa Takut Rambut Rontok

Dari segi penyebaran demografi dan ekologi juga akan positif, mengingat daya tampung Jakarta yang makin berat dan sumpek.

Baca: Malu sang Ayah Pakai Baju Sama Selama 20 Tahun, Tapi Akhirnya Menyesal saat Tahu Kisah di Baliknya

Jokowi pun kata dia, telah memberikan jawaban atas kekhawatiran akan aspek pembiayaan yang besar dan memberatkan APBN.

"Karena pemindahan Ibu Kota ini tidak akan memberatkan APBN, karena akan melibatkan BUMN dan pihak swasta," tegas Andreas Pareira.

Karena itu setelah penjelasan Jokowi mengenai rencana pemindahan ibu kota itu di hadapan DPR, DPD RI, dia melihat, para wakil rakyat dan rakyat menyambut baik rencana tersebut.

"Penjelasan Presiden Jokowi yang meyakinkan tentang pemindahan ibu kota negara ini disambut hangat oleh para wakil raktyat dan hadirin dengan standing ovation, berdiri memberikan penghormatan pada presiden Jokowi di penghujung pidatonya," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved