Rusuh di Papua

Ketua Komisi III DPR Adakan Rapat Bahas Kerusuhan di Manokwari

Nanti kita akan berkordinasi dengan pihak kepolisian. Berkenaan kejadian Manokwari kita akan rapat di DPR

Ketua Komisi III DPR Adakan Rapat Bahas Kerusuhan di Manokwari
KOMPAS IMAGES
Azis Syamsuddin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kerusuhan terjadi di Manokwari, Papua Barat, pada Senin (19/8/2019) pagi. Warga menggelar aksi membakar ban bekas dan meletakkan ranting pohon di sejumlah ruas jalan dalam kota Manokwari.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi III DPR Azis Syamsuddin menyebut pihaknya bakal berkoordinasi dengan aparat kepolisian. Sekadar informasi, Komisi III DPR membidangi Hukum, HAM, dan Keamanan.

Dalam hal ini, kata Azis, pihaknya akan mengadakan rapat DPR, Senin (19/8/2019) ini.

"Nanti kita akan berkordinasi dengan pihak kepolisian. Berkenaan kejadian Manokwari kita akan rapat di DPR," ujar Azis saat ditemui di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Baca: Kapolri Tito Karnavian Ajak Warga Kedepankan Perdamaian dan Cinta Kasih di Kota Manokwari

Ketika ditanya lebih jauh apakah dia bakal memanggil Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto, Azis menunggu pewarta menunggu perkembangan selanjutnya.

"Iya, nanti kita lihat ya perkembangannya. Sabar ya. Makasih ya. Segera ini mau ke DPR ini mau rapat ya. Nanti kita lihat perkembangan ya," pungkas Azis.

Baca: PGI: Penyelesaian Masalah Papua Perlu Pendekatan Kultural

Diberitakan, kerusuhan Manokwari diduga diakibatkan oleh massa yang menyampaikan protes terkait dugaan persekusi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua di sejumlah daerah, seperti Malang, Surabaya, dan Semarang.

Demonstran juga membakar Gedung DPRD Papua Barat. Akibatnya, sejumlah ruas jalan ditutup. Satu di antaranya adalah jalan protokol, yaitu Jalan Yos Sudarso.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved