Di HUT Kemerdekaan RI Ke-74, Warga Taman Palem Usulkan Ini Pada Presiden Jokowi

Rukun Warga (RW) 015 Taman Palem Lestari, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat punya cara tersendiri dalam merayakan

Di HUT Kemerdekaan RI Ke-74, Warga Taman Palem Usulkan Ini Pada Presiden Jokowi
TRIBUNNEWS.COM/IST
Rukun Warga (RW) 015 Taman Palem Lestari, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat punya cara tersendiri dalam merayakan acara HUT Kemerdekaan RI ke-74. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rukun Warga (RW) 015 Taman Palem Lestari, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat punya cara tersendiri dalam merayakan acara HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Dalam peringatan kali ini, selain diisi lomba-lomba dan hiburan, warga RW 015 Taman Palem Asri juga menyampaikan usulan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami mengusulkan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, agar tahun depan dan di setiap tahun di tanggal 17 Agustus, seluruh bangsa Indonesia diwajibkan mengikuti acara peringatan HUT RI," ujar Humas RW 015 Taman Palem Lestari, Kan Hiung di sela-sela perayaan, Sabtu (17/8/2019) di GOR RW 015 Taman Palem Lestari.

Bukan tanpa alasan jika warga RW 015 mengajukan usulan ini. Dijelaskannya, peringatan HUT RI mengadung tujuan-tujuan nasional yang punya makna mendalam.

HUT Kemerdekaan RI ke 74.
HUT Kemerdekaan RI ke 74. (TRIBUNNEWS.COM/IST)

"Pertama, menanamkan dan meningkatkan jiwa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Kedua, menanamkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme dan ideealisme serta patriotisme bangsa Indonesia," ujarnya.

Tujuan ketiga, lanjut pria yang juga pengamat sosial dan politik ini, yang juga dipandangnya sebagai tujuan paling penting, peringatan HUT RI bisa menjadi kesempatan dan wujud mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila sebagaimana mestinya.

"Termasuk merawat kebhinekaan dan cinta damai serta selalu mengutamakan kepentingan umum yang jauh di atas kepentingan apapun karena Indonesia merupakan negara multi ras, suku atau etnis dan multi kultural," imbuhnya.

Lanjut Kan, sebagai tujuan keempat, peringatan HUT RI juga bisa menjadi salah satu kesempatan penting dan wujud untuk melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia.

"Dan tentu saja juga sebagai salah satu kesempatan mengingatkan kembali bangsa Indonesia atas sejarah dan jasa-jasa pahlawan yang gugur saat membela dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia," lanjutnya.

HUT Kemerdekaan RI ke 74.
HUT Kemerdekaan RI ke 74. (TRIBUNNEWS.COM/IST)

Sedangkan tujuan keenam, peringatan HUT RI juga sebagai wujud mempertahankan dan merawat serta meningkatkan nilai-nilai identitas nasional bangsa Indonesia serta meningkatkan rasa cinta tanah air.

"Kami warga RW 015 Taman Palem Lestari sangat bangga dan bersyukur telah ditakdirkan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk menjadi bagian dari Warga Negara Indonesia," pungkas Kan Hiung.

Peringatan HUT RI ke-74 di RW 015 Taman Palem Lestari ini sendiri diawali upacara bendera yang dipimpin Lurah Cengkareng Barat, Boy Raya Purba, didampingi Ketua Panitia, Manatsius Damanik dan Ketua RW 015, Yahones Efendy.

Usai upacara, kegiatan pun dilanjutkan dengan  berbagai perlombaan seperti, kejuaraan bulu tangkis, balap makan kerupuk, karnaval sepeda hias, tarik tambang, loncat karung, panjat pinang, tenis meja plus hiburan musik organ tunggal.

Editor: FX Ismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved